Jumat, 30 Oktober 2020

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Halo teman-teman berjumpa lagi di Blog Catatan Pustakawan. Pada postingan kali ini aku akan memberikan tutorial Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word. Mungkin teman-teman masih banyak yang belum tahu dan bingung ketika harus membuat daftar isi yang baik dan benar. Kadangkala kita membuat daftar isi secara asal-asalan, biasanya membuatnya secara manual. Alhasil ketika harus mengupdate nomor halaman kita mengalami kesusahan karna harus melihat halaman per halaman agar nomor halaman sesuai dengan yang ada pada daftar isi. Oke sebelum lanjut alangkah baiknya teman-teman sebelumnya membuat nomor halaman, bagi yang belum tahu tutorialnya bisa kalian  lihat disini => Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dengan Mudah (Skripsi, Makalah dll). Oke teman-teman tanpa berbasa-basi lagi langsung saja ke tutorialnya "Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word".

1. Pertama, kita tentukan terlebih dahulu mana yang termasuk kedalam Judul Utama, Sub Judul pertama, Sub Judul kedua dan Sub Judul ketiga jika ada. Judul Utama biasanya terletak paling atas meliputi Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V dan Daftar Pustaka. Sedangkan untuk Sub Judul Pertama dari sebuah Judul Utama biasanya seperti Latar belakang, Tujuan, Rumusan Masalah, Kesimpulan dan Saran.

2. Untuk yang termasuk Judul Utama, style textnya kita ubah menjadi Heading 1 dari yang sebelumnya adalah normal. Caranya adalah Blok kata yang termasuk Judul Utama seperti Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V dan Daftar Pustaka. Lalu lihat Menu Bar bagian Home => Style pilih yang Heading 1. Jika format tulisan berubah dari ukuran, warna dan letaknya, kita bisa mengubahnya kembali ke format semula. Perhatikan gambar dibawah ini


3
. Untuk yang termasuk Sub Judul pertama seperti Latar belakang, Tujuan, Rumusan Masalah, Kesimpulan dan Saran gunakan Heading 2, caranya sama seperti yang diatas.


4. Jika ada Sub Judul kedua dibawah sub judul pertama, gunakan heading 3 dan seterusnya caranya sama seperti sebelumnya.

5. Jika sudah dijadikan heading semuanya, langkah selanjutnya adalah letakkan kursor tepat dibawah judul utama Daftar Isi. Lalu kita klik Menu Bar Reference => Table of Content dan pilih salah satu format daftar isi. Lihat gambar dibawah ini



6. Daftar Isi Otomatis yang kita buat sudah selesai. Untuk tulisan Content yang muncul bisa dihapus saja, dan jika ada pengubahan format tulisan dan penambahan tulisan silahkan diganti saja. 

7. Terakhir untuk melakukan update table jika terdapat penambahan halaman atau pengurangan halaman kalian klik saja Update Table. Lalu pilih Update page numbers only jika hanya ingin mengupdtae nomor halamannya saja. Pilih Update entire table yang mencakup format penulisannya juga jika ada yang berubah, lalu klik Ok selesai


Bagaimana teman-teman, sangat mudah sekali ya jadi kalian gak bingung lagi. Sekian dulu ya untuk tutorial kali ini tentang "Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word". Terima Kasih semoga bermanfaat :-)


Disqus Comments