Senin, 07 September 2020

Cara Input Data Bibliografi Dengan Benar Di SLIMs 9 Bulian

Halo teman-teman, di postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara input data bibliografi yang baik dan benar di SLIMs 9 Bulian. SLIMs 9 ini membawa beberapa perubahan dari SLIMs sebelumnya baik dari fitur maupun secara tampilan. Untuk tampilan OPAC dan Admin mempunyai tampilan yang lebih fresh dan terlihat lebih ringan. Bagi teman-teman yang belum bisa menginstal SLIMs 9 ini silahkan baca terlebih dahulu artikel berikut Tutorial Instal SLIMs 9 Bulian Lengkap Dengan Gambar. Oke teman-teman langsung saja kita praktekkan Cara Input Data Bibliografi Dengan Benar Di SLIMs 9 Bulian.

Input Data Bibliografi di SLIMs 9 Bulian


Secara default, tampilan halaman admin di SLIMs 9 mirip dengan SLIMs 7 terdahulu tetapi mempunyai tampilan yang lebih modern. Mempunyai perpaduan warna antara putih, abu-abu muda dan biru. Untuk melakukan input data bibliografi Klik Bibliografi yang ada diatas lalu klik Add New Bibliography yang ada di samping kiri seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.


1. Judul/Title : sebaiknya ditulis dengan huruf kapital di awal di setiap kata, misal "Modul Asuhan Kebidanan Dalam Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal"

2. Pengarang/Author
Untuk memasukkan nama pengarang, silahkan klik Add author maka nanti akan muncul halaman pop up seperti dibawah ini

- Pengarang utama sebaiknya namanya dibalik dan diberi tanda koma, misal "Lisnawati, Lilis". Untuk pengarang kedua dan seterusnya nama tetap dan tidak perlu dibalik. Penulisan nama pengarang untuk Badan/Institusi juga tetap, misal "Kementerian Kesehatan"
- Asal pengarang jika berasal dari perseorangan pilih yang Personal Name. Jika dari Institusi/Konferensi pilih Organizational Body/Conference
- Jenis pengarang plih Primary Author jika pengarang utama. Pengarang kedua atau yang lain pilih Additional Author dll sesuaikan saja.

3. Statement of Responsibility : Diisi nama seseorang yang bertanggung jawab atas buku tersebut, tulis saja nama pengarang pertama (nama boleh dengan gelar). Misal "Lilis Lisnawati, S.ST., M.Keb"

4. Edition : Isi edisi buku tersebut, misal "2" atau "edisi 2". Kalau misalkan tidak ada keterangan edisinya dikosongi saja.


5. Specific Detail Info : dikosongi saja jika tidak ada informasi tambahan.

6. Item(s) code batch generator : Digunakan untuk menambahkan jumlah eksemplar. 
- Klik Add New Pattern untuk menambahkan pola baru untuk eksemplar, akan muncul pop up baru. Prefix isi dengan inisial huruf, misal P (Perpustakaan). Suffix isi dengan inisial huruf juga, misal B (Buku). Length Serial Number isi berapa banyak angka yg mau ditampilkan. Lihat gambar dibawah


- Selanjutnya isi pattern yang sudah dibuat. Total item isi berapa eksemplar yang mau dibuat. Collection type pilih Textbook. Location pilih lokasi yang sudah dibuat, defaultnya my library. Lihat gambar dibawah


7. GMD : Pilih Text jika yang diinput adalah buku

8. Content Type : Biarkan tetap Non Set

9. Media Type : Biarkan tetap Non Set

10. Carrier Type : Biarkan tetap Non Set

11. Frequency : Diisi jika koleksi terbit berkala seperti jurnal. Untuk koleksi berupa buku pilih yang Not Applicable

12. ISBN/ISSN : Isi jika buku tersebut memiliki ISBN, misal "978-602-202-081-3"

13. Publisher : Isikan nama penerbit. Jika belum pernah memasukkan nama penerbit sebelumnya klik Add New


14. Publishing Year : isikan tahun terbit buku tersebut, misal "2013"

15. Publishing Place : isikan kota terbit buku tersebut, jika belum pernah menambahkan sebelumnya klik Add New

16. Collation : diisi kolasi dari buku tersebut. Penulisan kolasi yang benar umumnya halaman romawi, halaman biasa : ilustrasi ; tinggi buku. Ilustrasi ditulis jika dalam buku tersebut terdapat gambar. Misal "vii, 252 hlm : Ilus ; 20 cm"

17. Series Title : diisi jika buku tersebut adalah buku berseri. Jika tidak dikosongi saja

18. Classification : diisi nomor klasifikasi dari judul buku sesuai dengan DDC. Misal "618.2"

19. Call Number : diisi nomor panggil dari buku tersebut. Penulisannya adalah nomor klasifikasi dulu, 3 huruf awal dari nama belakang pengarang ditulis kapital, lalu huruf pertama dari judul ditulis kecil. Misal, "618.2 LIS m" kesemuanya dipisahkan dengan spasi

20. Subject : Diisi subjek/topik dari judul buku tersebut, umumnya ditulis dalam bahasa Inggris, misal "midwifery"

21. Language : pilih bahasa yang digunakan buku tersebut. terdapat dua pilihan bahasa yaitu Indonesia dan Inggris


22. Abstract/Notes : Bisa diisi sinopsis dari buku tersebut atau dikosongkan saja.

23. Image : Diisi cover buku dalam bentuk gambar, usahakan berformat PNG dan file tidak lebih dari 500 kb.

24. File Attatchment : Diisi file yang berformat misal PDF, biasanya digunakan untuk menginput file ebook.

25. Related Biblio Data : Jika buku tersebut berhubungan dengan buku yang lainnya, bisa diisi dengan menambahkan judul yang lain yang berhubungan.


26. Hide in OPAC : pilihan untuk menampilkannya di OPAC atau tidak

27. Promote to Homepage : Menampilkan buku tersebut di halaman depan OPAC atau tidak.

28. Label : untuk menyematkan Link yang bisa diklik yang berhubungan dengan buku tersebut.

Setelah selesai semua klik Save.

Mungkin sekian dulu teman-teman untuk Cara Input Data Bibliografi Dengan Benar Di SLIMs 9 Bulian. Semoga bermanfaat terima kasih.

Disqus Comments