Kamis, 02 Juli 2020

Tutorial Instal SLiMS 9 Bulian Lengkap Dengan Gambar



Pada tahun 2020 SLiMS (Senayan Library Management System) merilis versi terbarunya yaitu SLiMS 9 Bulian. Versi terbaru ini merupakan peningkatan dari versi sebelumnya yaitu SLiMS 8 Akasia. Apa saja sih peningkatan yang dibawa di versi terbaru ini? 

Peningkatan di versi SLiMS 9 Bulian ini antara lain:
- Meningkatkan tag versi
- Kustomisasi tema standar
- Kompatibilitas dengan PHP 7.4 dan MySQL 5.7
- Cetak Kartu Anggota dengan tampilan Bahasa Indonesia
- Mengunduh sampul buku
- Beberapa perubahan kecil lainnya.

Seperti bisa ada 2 versi yang bisa kita gunakan yaitu versi Portable dan versi Stable. Nah di tutorial kali ini saya akan membagikan cara Instal SLiMS 9 Bulian versi yang stable. Oke langsung simak langkah-langkahnya dibawah ini

Download Bahan

- Download Xampp Terbaru *Gunakan xampp versi 7.3 keatas untuk SLiMS 9 Bulian

Instal Xampp

Lakukan pengintalan Xampp seperti penginstalan program pada umumnya. Xampp bisa diinstal di Drive mana saja baik C, D, E atau yang lainnya. Untuk tutorial ini saya instal di Drive C (lebih baik diinstal di Drive selain C untuk menghindari kehilangan data)


Tunggu sampai proses instalasi selesai, mungkin sekitar 5-10 menit. Setelah proses instal selesai, buka Xampp lalu klik start pada kotak merah yang saya tandai sehingga Apache dan MySQL aktif yang ditandai warna hijau. Jika muncul peringatan windows firewall klik saja Allow Access.


Instal SLiMS 9 Bulian

Ekstrak file SLiMS 9 Bulian dalam bentuk rar yang sudah didownload ke Directory C:\xampp\htdocs lalu rename nama foldernya terserah (dalam contoh ini saya rename menjadi Perpustakaan.


Langkah selanjutnya membuat Database. Buka browser lalu masukkan alamat localhost/phpmyadmin pada address bar. Kemudian klik Database lalu isi nama Database terserah (saya isi dengan Perpustakaan) lalu klik create. Perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah itu pilih Database yang sudah kita buat, lalu klik Privileges.


Klik add user account


Isi kolom yang tersedia
- Username diisi terserah (Saya isi perpus)
- Hostname pilih Localhost
- Pssword terserah (Saya isi perpus2020), isikan password yang sama pada kolom Re-type
- Pada bagian Global privileges silahkan centang Check All
Setelah semua diisi klik Go


Jika tampilannya seperti dibawah ini maka berarti sudah berhasil


Selanjutya masukkan alamat localhost/perpustakaan pada address bar (perpustakaan adalah nama folder instalasi slims 9 yang sudah direname hasil dari ekstrakan rar). Akan muncul halaman seperti gambar dibawah, lalu klik Get Started


klik next, lalu pilih Install SliMS


Isikan informasi database yang sudah kita buat tadi yang meliputi Database host (localhost), Database name (perpustakaan), Database username (perpus), Database password (perpus2020) lalu klik Test Connection. Jika connection OK (berwarna hijau) klik next.


Selanjutnya kita mengisi kolom lagi untuk Super User Profiles. Isikan terserah kalian atau sama dengan yang isi gapapa, Username (admin), password (admin), Retype password (admin) lalu klik Run the Installation.


Selanjutnya muncul halaman seperti dibawah. Jika muncul peringatan Folder install in your SLiMS is already exist. For security reason please rename or remove it from your machine Rename saja folder Install yang ada di directory C:/xampp/htdocs/Perpustakaan/install menjadi install_. Setelah selesai klik Go to my SLiMS.


Selesai, halaman utama SLiMS akan tampil seperti gambar dibawah ini


Untuk masuk ke halaman admin, silahkan login terlebi dahulu dengan memasukkan alamat berikut localhost/perpustakaan/index.php?p=login isikan username (admin) dan password (admin).



Sekian dulu teman-teman untuk Tutorial Instal SLiMS 9 Bulian kali ini. Semoga informasi bermanfaat. Terima Kasih :-)

Baca juga:
Disqus Comments