Kamis, 18 Juni 2020

Fungsi Transformation Di CorelDRAW Dan Cara Menggunakannya

Halo teman-teman, di postingan kali ini saya akan membahas tentang Fungsi Transformation Di CorelDRAW Dan Cara Menggunakannya. Fungsi Transformation adalah fungsi yang terdapat pada CorelDRAW yang befungsi untuk mengubah posisi objek atau menambah objek secara terstruktur. Ada 5 fungsi Transformation yang dapat kita gunakan, disini saya menggunakan CorelDRAW versi 2020. Oke langsung saja teman-teman simak penjelasan dari masing-masing fungsi Transformation di bawah ini.

Untuk menampilkan Docker Transformation langsung saja klik menu Window => Docker => Transform atau bisa menggunakan kombinasi keyboard Alt+F7 maka akan muncul tampilan docker transformation seperti dibawah ini



1. Position 
berfungsi untuk mengubah posisi objek sekaligus mengcopy objek secara terstruktur. Penjelasan detailnya lihat gambar dibawah ini.


klik kiri objek yang mau ditransform, lalu gunakan fungsi transform position maka hasilnya seperti dibawah ini. Bisa juga menggunakan mouse dengan cara klik kiri lalu drag objek setelah itu klik kanan dan lepaskan bersamaan agar objek tercopy. Ketik ctrl+R di keyboard untuk memperbanyak objek. 


2. Rotate
berfungsi untuk memutar posisi objek sekaligus mengcopy objek secara terstruktur. Penjelasan detailnya lihat gambar dibawah ini


klik kiri objek yang mau ditransform, lalu gunakan fungsi transform rotate maka hasilnya seperti dibawah ini. Bisa juga klik kiri objek dua kali lalu putar secara manual dengan kombinasi tombol ctrl di keyboard agar hasil presisi. Ketik ctrl+R di keyboard untuk memperbanyak objek.


3. Scale Mirror
berfungsi untuk mengubah skala dan mirroring sekaligus mengcopy objek. Penjelasan detailnya lihat gambar dibawah ini


Perhatikan objek dibawah ini, objek dibawah ini merupakan hasil dari scale and mirroring dari format diatas. Bisa juga menggunakan mouse dan tombol ctrl di keyboard.


4. Size
Berfungsi untuk mengubah ukuran objek dan mengcopynya. Bisa juga menggunakan mouse untuk membesarkan objek

Baca juga:

5. Skew
Berfungsi untuk memiringkan objek baik horizontal maupun vertikal dan mengcopynya.












Perhatikan gambar diatas, dengan menggunakan format tersebut maka hasil gambarnya miring seperti gambar diatas.

Sekian dulu untuk penjelasan tentang Fungsi Transformation Di CorelDRAW Dan Cara Menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih :-)
Disqus Comments