Jumat, 19 Juni 2020

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dengan Mudah (Skripsi, Makalah dll)

Halo teman-teman, di artikel kali ini saya akan membagikan cara bagaimana Membuat Nomor Halaman Berbeda pada karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, laporan ilmiah dll. Hal yang harus dilakukan sebelum membuat nomor halaman adalah membagi keseluruhan halaman menjadi beberapa section. Apa itu section? Section adalah yang akan mempermudah kita dalam membedakan format penomoran misalnya berbeda romawi dan angka, berbeda posisi nomor halaman. Jumlah section tergantung dari perbedaan format penomoran dari setiap Halaman Judul Utama. Perhatikan contoh dibawah ini saya membagi beberapa section pada keseluruhan Halaman Judul Utama.

- Cover (Section 1)
untuk cover ini saya masukkan section 1  karna untuk bagian cover biasanya nomor halamannya dikosongi.

- Halaman setelah Cover dan sebelum Bab 1 (Section 2)
Halaman yang saya maksud disini seperti Kata Pengantar, Halaman Pengesahan, Daftar Isi, Daftar Tabel maupun Daftar Gambar. Untuk halaman-halaman tersebut mempunyai format penomoran yang sama yaitu menggunakan romawi dan posisi nomor halaman berada di bawah tengah.

- Bab 1 (Section 3)
untuk Bab 1 format penomorannya biasanya menggunakan angka dan posisi nomor halaman berada di tengah bawah untuk halaman pertama bab dan kanan atas untuk halaman selanjutnya.

- Bab 2 (Section 4)
format penomoran sama dengan bab 1

- Bab 3 (Section 5)
format penomoran sama dengan bab sebelumnya

- Daftar Pustaka (Section 6)
format penomoran berada di tengah bawah dan menggunakan angka

Jika terdapat bab 4 maupun 5 silahkan ditambahkan saja sectionnya. Oke langsung saja menuju langkah-langkahnya dalam membuat nomor halaman.

Membuat Sectio Baru


Untuk membuat section baru, letakkan kursor di paling depan pada sebuah halaman. Perhatikan panah merah diatas.


Setelah itu masuk ke menu Layout => Break => Next Page maka hasilnya seperti gambar dibawah ini


Perhatikan yang saya beri kotak warna merah, yang awalnya belum ada section yang terbagi sekarang terbagi menjadi 2 section. Lakukan langkah tersebut sampai section terbagi menjadi 6 seperti yang saya sebutkan diawal.

Memulai Penomoran Halaman

1. Pada halaman cover (section 1) dilewati saja karna halaman cover tidak diberi nomor halaman

2. Untuk halaman setelah cover dan sebelum bab 1 (section 2) perhatikan gambar dibawah ini. Sebelumnya pindah posisi kursor ke header atau footer di section 2

Nonaktifkan Link to Previous. Hilangkan centang Different First Page


Penomoran pada halaman setelah cover dan sebelum bab 1 lakukan seperti gambar diatas

3. Pada halaman Bab 1 (section 3) perhatikan gambar dibawah ini


Nonaktifkan Link To Previous. Centang Different First Page


Penomoran halaman pada Bab 1 lakukan seperti gambar diatas. Halaman pertama pada Bab 1 pilih Bottom of page => Plain number 2, halaman selanjutnya pilih Top of page => plain number 3. Jika muncul nomor halaman di tengah bawah pada Bab 1 halaman kedua dihapus saja. Jika muncul Link to Previous pada halaman Bab 1 nonaktifkan saja.

Jika langkah nomor 3 dilakukan dengan benar maka untuk Bab 2, Bab 3 dan Daftar Pustaka format penomorannya akan mengikuti Bab 1. Jika ada ketidaksesuaian, atur pada bagian Link to Previous dan Different First Page.

Sekian dulu artikel yang bisa saya bagikan kali ini tentang  Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dengan Mudah (Skripsi, Makalah dll). Semoga bermanfaat Terima Kasih :-)
Disqus Comments