Monday, July 1, 2019

Buku Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2


Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2
Halo sahabat buku, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang buku farmasi yang berjudul Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2. Buku tersebut ditulis oleh Editor asli Joel G. Hardman, Ph.D dan Lee E. Limbird, Ph.D serta sudah dialih bahasa oleh Tim ahli bahasa sekolah farmasi ITB dengan editor edisi bahasa Indonesia yang terdiri dari Cucu Aisyah, S.Si, Apt, Ella Elviana S.Si, Apt, Winny R. Syarief S.Si, Apt, Amalia H. Hadinata, S. Farm, Apt, July Manurung, S.Si, Apt tahun 2012. Edisi kesepuluh Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi ini menandai peringatan enam puluh tahun buku ini.

Buku Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2 ini terdiri dari 4 Volume dan 16 Seksi sebagai berikut:

Volume 1
Seksi I: Prinsip Umum
Pada seksi ini membahas tentang Farmakokinetika: Dinamika Absorbsi Obat, Distribusi, dan Eliminasi; Farmakodinamika: Mekanisme Kerja Obat dan Hubungan Antara Konsentrasi Obat dan Efek; Prinsip-prinsip Terapi; Prinsip Toksikologi dan Penanganan Keracunan; Terapi Gen.

Seksi II: Obat yang Bekerja Pada Tempat Pertautan Sinaps dan Neuroefektor
Pada seksi ini membahas tentang Neurotransmisi: Sistem Saraf Autonom dan Motorik Somatik; Agonis dan Antagonis Reseptor Muskarinik; Senyawa Antikolinesterase; Senyawa yang Bekerja pada Taut Neuromuskular dan Ganglia Autonom; Katekolamin, Obat Simpatomimetik, dan Antagonis Reseptor Adrenergik; 5-Hidroksitriptamin (Serotonin): Agonis dan Antagonis Reseptor.

Seksi III: Obat Yang Bekerja Pada Sistem Saraf Pusat
 Pada seksi ini membahas tentang Neurotransmisi dan Sistem Saraf Pusat; Sejarah dan Prinsip-Prinsip Ilmu Anestesi; Anestetik Umum; Anestetik Lokal; Gas Terapeutik: Oksigen, Karbon Dioksida, Nitrogen Monoksida, dan Helium; Hipnotik dan Sedatif; Etanol; Obat-Obat dan Penanganan Gangguan Kejiwaan: Psikosis dan Mania; Obat-obat yang Efektif dalam Terapi Epilepsi; Pengobatan Gangguan Degeneratif Sistem Saraf Pusat; Analgesik Opioid; Kecanduan Obat dan Penyalahgunaan Obat.

Volume 2
Seksi IV: Autakoid; Terapi Obat untuk Inflamasi
 Pada seksi ini membahas tentang Hinstamin, Bradikinin, dan Antagonisnya; Autakoid Turunan Lipid: Eikosanoid dan Faktor Pengaktif Platelet; Senyawa Analgesik-Antipiretik dan Antiradang Serta Obat-obat; Obat-obat yang Digunakan dalam Pengobatan Asma.

Seksi V: Obat-obat yang Memengaruhi Fungsi Ginjal dan Kardiovaskuler
Pada seksi ini membahas tentang Diuretik, Vasopresin dan Senyawa-Senyawa Lain yang Memengaruhi Konservasi Air di Ginjal; Renin dan Angiotensin; Obat-obat yang Digunakan untuk Pengobatan Iskemia Miokardial; Senyawa-senyawa Antihipertensi dan Terapi Obat Hipertensi; Pengobatan Farmakologis Gagal Jantung; Obat-obat Antimaritmia; Terapi Obat untuk Hiperkolesterolemia dan Dislipidemia.

Seksi VI: Obat-obat yang Memengaruhi Fungsi Gastrointestinal
Obat-Obat Pengendali Keasaman Lambung Serta Pengobatan Ulser Peptik; Obat Prokinetik, Antiemetik, dan Obat-obat yang Digunakan dalam Sindrom Iritasi Usus; Obat-obat untuk Diare, Konstipasi, dan Penyakit Radang Usus;Obat-obat untuk Penyakit Empedu dan Pankreas.

Volume 3
Seksi VII: Kemoterapi Infeksi Parasit
Pada seksi ini membahas tentang Obat-obat yang Digunakan dalam Kemoterapi Infeksi Protozoa: Malaria; Obat-obat yang Digunakan dalam Kemoterapi Infeksi Protozoa (Lanjutan): Amebiasis, Giardiasis, Trikomononiasis, Tripanosomiasis, Leismaniasis, dan Infeksi Protozoa Lain; Obat-obat yang Digunakan dalam Kemoterapi Helmintiasis.

Seksi VIII: Kemoterapi Penyakit Mikrobial
Pada seksi ini membahas tentang Senyawa Antimikroba: Pendahuluan; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Sulfonamida, Trimetropim-Sulfametoksazol, Kuinolon, dan Obat untuk Infeksi Saluran Urin; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Penisilin, Sefalosforin, dan Antibiotik B-Laktam Lainnya; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Aminoglikosida; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Inhibitor Sintesis Protein dan Berbagai Senyawa Antibakteri.; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Obat-obat yang Digunakan pada Kemoterapi Tuberkulosis, Penyakit Kompleks Akibat Mycobacterium avium, dan Lepra; Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Senyawa Antifungsi; Senyawa Antimikroba (Lanjutan):Obat-obat Antivirus (Nonretrovirus); Senyawa Antimikroba (Lanjutan): Obat Antiretrovirus.

Seksi IX: Kemoterapi Penyakit Neoplastik
Pada seksi ini membahas tentang Obat-obat Antineoplastik.

Volume 4
Seksi X: Obat-obat yang Digunakan Untuk Imunomodulasi
Pada seksi ini membahas tentang Imunomodulator: Senyawa Imunosupresif, Tolerogen, dan Imunostimulan.

Seksi XI: Obat yang Bekerja Pada Darah dan Organ-organ Pembentuk Darah
Pada seksi ini membahas tentang Obat-obat Hematopoietik: Faktor-faktor Pertumbuhan, Mineral, dan Vitamin; Obat-obat Antikoagulan, Trombolitik, dan Antiplatelet.

Seksi XII: Hormoni dan Antagonis Hormon
Pada seksi ini membahas tentang Hormon hipofisis dan Faktor-faktor Pelepasnya dalam Hipotalamus; Obat-obat Tiroid dan Antitiroid; Estrogen dan Progestin; Androgen; Hormon Adrenokortikotropik, Adrenokortikosteroid dan Analog Sintesisnya, Inhibitor Sintesis dan Kerja Hormon-Hormon Adrenokortinal; Insulin, Senyawa Hipoglikema Oral, dan Farnakologi Endokrin Pankreas; Senyawa yang Memengaruhi Kalsifikasi dan Pergantian Tulang: Kalsium, Fosfat, Hormon Paratiroid, Vitamin D, Kalsitonin, dan Senyawa Lain.

Seksi XIII: Vitamin
Pada seksi ini membahas tentang Vitamin Larut Air: Vitamin B Kompleks dan Asam Askorbat; Vitamin Larut Lemak: Vitamin A, K, dan E.

Seksi XIV: Dermatologi
Pada seksi ini membahas tentang Farmakologi Dermakologis.

Seksi XV: Oftalmologi
Pada seksi ini membahas tentang Farmakologi Okular.

Seksi XVI: Toksikologi
Pada seksi ini membahas tentang Logam Berat dan Antagonis Logam Berat; Toksikan Nonlogam yang Ada di Lingkungan: Polutan Udara, Pelarut dan Uap, serta Pestisida.

Banyak sekali materi yang bisa kita peroleh dari buku ini dan yang pasti sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa dalam proses belajar mengajar terutama program studi farmasi. Bagi teman-teman yang ingin membacanya buku ini tersedia di Perpustakaan STIKES Banyuwangi atau perpustakaan-perpustakaan di daerah tempat kalian yang menyediakan buku ini. Teman-teman juga bisa membeli buku ini di toko-toko buku maupun toko online. Sekian untuk sedikit informasi tentang buku Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2.

Judul Buku : Goodman & Gilman Dasar Farmakologi Terapi Edisi 10 Vol 2
Editor : Joel G. Hardman, Ph.D dan Lee E. Limbird, Ph.D
Penerbitan : Jakarta: EGC, 2012.
ISBN :978-979-044-261-0
Disqus Comments