Saturday, June 29, 2019

Panduan Dasar Windows 10 Bagi Pemula (Singkat, Padat dan Jelas) 2019

Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Panduan Dasar Windows 10 Bagi Pemula. Saya jelaskan secara singkat terlebih dahulu mengenai windows 10. Windows 10 adalah versi yang paling baru dari sistem operasi windows, di versi sebelumnya ada windows 8, windows 7, windows xp dan windows versi sebelumnya. Di windows 10 ini menurut saya banyak sekali perubahan yang dilakukan, mulai dari tampilan, fitur maupun animasi-animasi yang berjalan. Oke teman-teman langsung saja kita mulai panduan dasarnya.

1. Start Menu : berfungsi untuk menampilkan daftar aplikasi yang sudah kita instal di laptop kita, baik aplikasi yang kita instal secara manual menggunakan apk atau aplikasi dari windows store. Untuk membukanya kita bisa langsung klik logo start di samping kiri bawah tersebut atau kita bisa menekan logo window yang ada di keyboard.

2. Search Bar : berfungsi untuk melakukan pencarian secara cepat yaitu dengan cara mengetikkan kata kunci yang ingin kita tuju. Misal kita ingin membuka control panel, maka kita tinggal ketikkan saja "control panel" dan kemudian aplikasinya akan muncul.

3. Task View : berfungsi untuk menampilkan lembar kerja yang sudah kita buka sebelumnya, jadi mempermudah kita untuk berpindah antar lembar kerja. Selain menekan tombol task view dibawah, kita juga bisa menggunakan tombol kombinasi di keyboard, yaitu dengan cara ketik logo windows (tahan) + Tab maka akan muncul task view sama seperti kita menekan lewat dekstop.

4. Task Bar : berfungsi untuk menampilkan lembar kerja kita yang sudah terbuka ataupun aplikasi yang sudah kita pin sebelumnya. Aplikasi yang sudah kita buka akan otomatis muncul di task bar, selain itu kita juga bisa menempatkan aplikasi yang sering kita pakai misal mozilla firefox ke dalam task bar yaitu dengan cara buka aplikasi melalui menu windows, lalu cari mozilla firefox dan kita tinggal seret saja kedalam task bar.

5. Status Bar : berfungsi untuk menampilkan pintasan cepat seperti menampilkan baterai, wi-fi, speaker dll. Pintasan disini hanya menampilkan yang sering kita buka dan kita butuhkan, bisa juga menggantinya dengan yang lain melalui taskbar setting.

6. Notification centre : berfungsi untuk menampilkan pemberitahuan yang terjadi di laptop kita, di menu ini kita juga bisa mengatur setting cepat layaknya di smartphone kita seperti network, mobile hotspot, vpn, tablet mode, mengatur contras dll. Melalui notification centre ini kita bisa mengaktifkan mode tablet bagi pengguna windows 10 dengan layar sentuh.

Oke itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai Panduan Dasar Windows 10 Bagi Pemula.


Disqus Comments