Tuesday, August 8, 2017

Perpustakaan Kota Stuttgart (Stuttgart City Library), Hasil Karya Seni Arsitektur

Perpustakaan pusat Stuttgart di Wilhelmspalais pernah dianggap sebagai salah satu perpustakaan paling modern di Jerman. Pada awal 1990an, bagaimanapun, menjadi jelas bahwa ia akan segera mencapai batasnya dalam hal ruang. Pada tahun 1997, kesempatan tersebut muncul untuk merencanakan sebuah bangunan baru di masa depan Mailänder Platz dan dengan demikian menciptakan institusi pendidikan dan budaya baru yang dinamis untuk kota ini.

Ruangan Stuttgart City Library
Pada bulan Oktober 2011, Perpustakaan Kota Stuttgart yang baru diresmikan setelah hampir tiga tahun masa konstruksi. Desainnya, oleh arsitek Korea Eun Young Yi, menciptakan struktur monolitik mencolok dari blok kaca beton dan buram, dengan sembilan lapisan di atas dan dua lantai bawah tanah. Pada ketinggian 40 m, menara bangunan di atas bangunan yang berdekatan, menetapkan standar arsitektur baru, dan juga menggarisbawahi pentingnya perpustakaan kota sebagai pusat intelektual dan budaya. Amplop bangunan adalah fasad ganda yang menampilkan tingkat blok kaca dalam bingkai abu-abu terang dan bingkai terbuka dan fasad tiang dalam dan fasad transom dengan perlindungan matahari sebagai amplop termal. Ruang antara dua fasad bisa dijadikan jalan setapak untuk berjalan-jalan dan diterangi biru pada malam hari.

Sebuah karya seni arsitektur

Bangunannya, dengan luas lantai kotor 20.000 m2, memiliki lantai terbuka yang luas. Serambi berbentuk cincin membungkus inti, sebuah kubus empat lantai yang keras dan keras di tengah bangunan, yang diterangi oleh langit-langit tengah dan dapat diakses dari semua sisi melalui empat bukaan gatelike - monolit kosong "negatif" yang ada dimaksudkan untuk mewakili perendaman dan perlambatan. Dari foyer, pengunjung perpustakaan memulai kunjungan mereka di tangga yang menonjol atau naik lift ke delapan tingkat, yang menampung sekitar 500.000 item media, ruang baca; kantin; lantai paling atas; atau forum acara budaya di ruang bawah tanah.

Solusi komprehensif untuk infrastruktur listrik

Pembangun Perpustakaan Kota Stuttgart memerlukan solusi komprehensif, efisien, dan dapat diandalkan untuk perlindungan kebakaran, teknologi keselamatan, distribusi tenaga, dan pencahayaan. Arsitektur kubus, yang tergolong tinggi bertingkat sesuai peraturan bangunan, menimbulkan tantangan khusus bagi sistem manajemen bangunan, terutama dalam hal proteksi kebakaran. Rencana lantai yang sebagian besar terbuka tanpa partisi tahan api di tengah bangunan menciptakan dua kompartemen asap ekstra tinggi.

Siemens terkesan dengan portofolio solusi dan teknologi yang luas dan memenuhi persyaratan dengan konsep yang terintegrasi.

Solusi untuk distribusi tegangan rendah di dalam kubus dan dua struktur bangunan sekunder mencakup switchboard bertegangan rendah dengan 19 bilik, 65 papan distribusi, 200.000 m kabel listrik, garis data 150.000 m, dan 28 kabinet untuk jaringan data pasif. . Untuk menghubungkan jaringan IT secara fisik dan logis di Perpustakaan Kota Stuttgart, tim proyek memasang komponen pasif seperti kabel tembaga dan serat optik, papan distribusi, panel patch, dan kotak keluar, serta komponen aktif seperti router dan switch.

Solusi Total Building untuk keamanan dan pencahayaan

Untuk memastikan perlindungan kebakaran penuh sesuai dengan DIN VDE 0833-2 Lampiran G, terlepas dari keadaan khusus, Siemens menambahkan 800 detektor asap otomatis ke sistem sprinkler. Jika dipicu, sistem ventilasi digunakan untuk membawa asap rokok. Berbagai sistem keamanan, yang mencakup lima pembaca kontrol akses, dan 680 pengeras suara dari sistem alamat publik, terhubung dengan pusat kendali Siemens untuk pemantauan sekitar jam. Jika terjadi alarm, sistem ini memungkinkan pengunjung dan staf untuk segera diberi informasi dan bertanggung jawab, seperti layanan kebakaran dan penyelamatan, untuk dikoordinasikan dengan cara yang ditargetkan. Solusi Total Building dibulatkan sekitar 3.900 luminair hemat energi berkualitas tinggi dan 380 lampu fasad, memastikan kondisi pencahayaan optimal. Dengan demikian, solusi teknis yang canggih sesuai dengan arsitektur unik dari pusat kewarganegaraan baru ini, melakukan kunjungan ke Perpustakaan Kota Stuttgart pengalaman khusus.

Sumber artikel asli: http://w3.siemens.com/powerdistribution/global/en/lv/news_installation-technology_installationstechnik/customer-magazines/e-installation/installation-technology/pages/stuttgart-city-library-architecture-with-special-requirements.aspx
Disqus Comments