Saturday, August 5, 2017

5 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Koleksinya Puluhan Juta

5. Russian State Library


The Russian State Library adalah perpustakaan terbesar kelima di dunia, dan satu di mana setidaknya satu salinan setiap publikasi Rusia disimpan. Saat ini, perpustakaan menyimpan 17 juta buku dan juga merupakan tempat penyimpanan untuk 13 juta jurnal, 150.000 peta, dan ribuan rekaman musik dan skor. Koleksi besar karya sastra dan musikal ini tersimpan rapi di rak penyimpanan yang mencakup jarak total 275 kilometer di perpustakaan. Perpustakaan Negara Rusia terletak di ibu kota negara, Moskow dan dapat diakses secara bebas oleh publik negeri ini. Didirikan pada tanggal 1 Juli 1862.



Sistem perpustakaan di New York, New York Public Library, terkenal di dunia karena koleksinya yang luas dari hampir 53 juta item termasuk buku, majalah, rekaman musik dan publikasi dan album lainnya. Penggabungan perpustakaan kecil dan besar termasuk perpustakaan pecinta buku dan jutawan kaya New York menghasilkan jaringan perpustakaan besar yang saat ini didanai oleh institusi pemerintah dan swasta. Cabang utama perpustakaan terletak di Fifth Avenue di New York di persimpangan dengan 42nd Street. Pada tahun 1965, ia diberi judul National Historic Landmark USA. Saat ini, perpustakaan New York Public Library memiliki 4 perpustakaan penelitian, perpustakaan cabang di Bronx, State Island dan Manhattan dan beberapa perpustakaan kecil yang berafiliasi dengannya.

3. Library and Archives, Canada


Kanada dengan bangga mengklaim menjadi tuan rumah perpustakaan terbesar ketiga di dunia, Perpustakaan dan Arsip Kanada yang merupakan institusi yang berada di 395 Wellington Street, Ottawa, dikelola langsung oleh pemerintah federal negara tersebut. Lembaga ini diberi tugas besar untuk melestarikan dokumenter warisan Kanada dan membuatnya tersedia untuk masyarakat negeri ini. Koleksi saat ini mencakup hampir 20 juta buku, 24 juta foto, arsip pribadi dan pemerintah, majalah aborigin, film non-fiksi dan fiksi, majalah Kanada, dan banyak lagi. Beberapa item yang paling berharga dari perpustakaan termasuk proklamasi Undang-Undang Dasar Kanada, sebuah buku abad ke-1 oleh sejarawan Flavius ​​Josephus, sebuah kursi milik Glenn Gould, dan Undang-Undang Amerika Utara Inggris. Perpustakaan dan Arsip Kanada dibentuk pada tahun 2004 oleh penggabungan fungsi yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Kanada dan Arsip Nasional Kanada dan melapor langsung ke Parlemen negara tersebut.



Perpustakaan Kongres A.S. adalah perpustakaan terbesar di Amerika Serikat dan yang terbesar kedua di dunia. Perpustakaan adalah institusi federal di Capitol Hill, Washington D.C. dengan kampus terpisah, National Audio-Visual Conservation Center di Virginia. Perpustakaan menyimpan bahan penelitian dari seluruh penjuru dunia. 450 bahasa di dunia menemukan representasi mereka di perpustakaan ini. Perpustakaan tersebut didirikan di Washington, DC pada tahun 1800, dan menyaksikan beberapa periode kerusakan dan penghancuran termasuk kerusakan yang diakibatkan oleh Inggris pada tahun 1814 selama Perang 1812 dan sebuah kebakaran yang mengamuk pada tahun 1851. Perpustakaan tumbuh dan berkembang setelah Perang Saudara Amerika, Dan mulai mengumpulkan literatur dan publikasi penting dari seluruh dunia. Saat ini, meski perpustakaan terbuka untuk umum untuk tur, hanya pejabat tinggi pemerintah yang dapat mengakses buku dan materinya. Beberapa proyek dilakukan oleh perpustakaan untuk mempromosikan literatur dan seni Amerika.

1. British Library


Perpustakaan Inggris adalah perpustakaan terbesar di dunia, dan dengan bangga bisa membanggakan koleksi hampir 170 juta buku, manuskrip, majalah, rekaman musik dan skor, paten, database dan banyak lagi. Perpustakaan adalah perpustakaan nasional Kerajaan Inggris dan terletak di ibu kota Inggris, antara stasiun kereta Euston dan St. Pacras di London. Perpustakaan ini didirikan oleh British Library Act 1972 sebagai entitas independen pada tanggal 1 Juli 1973. Beberapa koleksi penting dari perpustakaan ini meliputi Diamond Sutra, publikasi cetak paling awal di dunia, sebuah buku catatan dari Leonardo da Vinci, Codez Arundel , Gutenberg Bibles, dan manuskrip terkenal Lewis Carroll dari Alice's Adventures Under Ground. Perpustakaan sangat lunak dalam hal membuka pintunya bagi semua orang dengan bukti alamat yang sah untuk mengakses harta karunnya yang sangat besar.

Baca juga: 10 Perpustakaan Paling Cantik di Seluruh Eropa

Sumber artikel asli: http://www.worldatlas.com/articles/5-largest-libraries-in-the-world.html
Disqus Comments