Komponen Fungsional Perpustakaan Digital

Meskipun beragam perpustakaan digital dikembangkan saat ini, sebagian besar dari mereka memiliki beberapa komponen fungsional yang umum. Pemahaman dasar komponen fungsional utama akan membantu dalam mengembangkan perpustakaan digital. Komponen utama dibahas secara singkat di bawah ini;

Komponen Fungsional Perpustakaan Digital
1. Pemilihan dan perolehan - Proses tipikal yang tercakup dalam komponen ini meliputi pemilihan dokumen yang akan ditambahkan, digitasi dan / atau dikonversi dari dokumen-dokumen ini ke bentuk digital yang sesuai.

2. Organisasi - Proses utama yang terlibat dalam komponen ini mencakup penugasan metadata (misalnya informasi bibliografi) ke setiap dokumen yang ditambahkan ke koleksi.

3. Pengindeksan dan penyimpanan - Komponen ini melakukan pengindeksan dan penyimpanan dokumen dan metadata, untuk pencarian dan pengambilan yang efisien.

4. Repositori - Ini adalah perpustakaan digital front-end yang digunakan oleh pengguna akhir untuk melihat-lihat, mencari, mengambil dan melihat isi perpustakaan digital. Ini biasanya disajikan kepada pengguna sebagai HTML, halaman.

5. Situs perpustakaan digital - Ini adalah komputer server yang menampung koleksi perpustakaan digital, dan menyajikan koleksi tersebut kepada pengguna dalam bentuk home page situs web. Pengguna memilih link yang sesuai di halaman ini untuk menuju ke pencarian dan pencarian front-end yang disebutkan di atas. Perpustakaan digital memberikan konten berdasarkan operasi pencarian dan pengambilan. Halaman rumah perpustakaan digital itu sendiri dapat diintegrasikan dengan situs perpustakaan melalui link hypertext yang sesuai.

6. Konektivitas jaringan - Untuk akses online, komputer situs perpustakaan digital harus memiliki koneksi khusus ke intranet dan / atau internet, tergantung pada komunitas pengguna target, akses dapat dibatasi ke intranet (LAN organisasi) atau diperluas ke pengguna eksternal melalui Internet.

Sumber artikel asli: http://www.lisbdnet.com/functional-components-digital-library/
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Komponen Fungsional Perpustakaan Digital"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top