Perpustakaan Newberry (Newberry Library) Chicago

     Perpustakaan Newberry, perpustakaan penelitian yang dikelola secara independen dan didanai yang berlokasi di Chicago dan didirikan pada tahun 1887. Gratis dan terbuka untuk umum, Newberry berkonsentrasi pada humaniora. Koleksi utamanya terletak di bidang Studi Indian dan Indigenous Amerika; Sejarah dan budaya Amerika; Chicago dan Midwest; Silsilah dan sejarah lokal; Sejarah buku; Manuskrip dan arsip; Peta, perjalanan, dan eksplorasi; Abad pertengahan, Renaisans, dan dunia modern awal; Musik dan tari; Dan agama. Koleksi perpustakaan yang berkembang mencakup lebih dari 1.500.000 buku, 5.000.000 halaman naskah, dan 500.000 peta bersejarah. Newberry menyelenggarakan berbagai macam pameran, seminar, ceramah, dan pertunjukan.
Perpustakaan Newberry

Sejarah Perpustakaan Newberry

    Perpustakaan Newberry didirikan pada tanggal 1 Juli 1887, dan dibuka untuk bisnis pada tanggal 6 September tahun itu. Perpustakaan Newberry muncul karena adanya kontingen dalam kehendak pengusaha Chicago, Walter L. Newberry, yang meninggal di laut pada tahun 1868. (Tubuhnya dipelihara di papan pengumuman di barel kosong yang besar sampai dia bisa kembali ke Chicago dan dikebumikan di Pemakaman Graceland.) Warisannya sekitar $2,2 juta mendukung pendirian perpustakaan "bebas, umum" di sisi utara Sungai Chicago, jika kedua anaknya meninggal tanpa masalah. Setelah kematian anak perempuan Newberry dan kemudian, pada tahun 1885, janda, wali tanah miliknya, dengan penasihat pemimpin bisnis dan budaya Chicago, pindah untuk mendirikan perpustakaan sebagai lembaga penelitian dan referensi. Dari tahun 1887 sampai 1888 kota ini terletak di 90 La Salle Street, dari tahun 1888 sampai 1890 di 338 Ontario Street, dan dari tahun 1890 sampai 1893 di sudut barat laut  Negara Bagian dan Oak Street.
     Pustakawan pendiri Newberry, William Frederick Poole, pernah menjadi pustakawan pertama Perpustakaan Umum Chicago. Di bawah kepemimpinan Poole, Newberry membeli 25.000 buku dalam 18 bulan pertamanya, dan pada akhir masa jabatan Poole pada tahun 1894, ia mengumpulkan koleksi 120.000 jilid dan 44.000 pamflet.
     Pada tahun 1889, wali amanat membeli properti di West Walton Place untuk membangun rumah permanen bagi Newberry. Situs ini dipilih karena "kegunaannya yang terbesar untuk jumlah terbesar," sinar matahari yang baik, dan akses ke transportasi umum. Poole dan arsitek yang disewa oleh Dewan Pembina untuk merancang bangunan tersebut, Henry Ives Cobb muda, tidak setuju tentang pengaturan ruang interior. Visi Poole menang, dan sebagai konsekuensinya, struktur baru tersebut berisi ruang baca yang lebih kecil dengan koleksi khusus di dekat staf perpustakaan yang memiliki keahlian yang relevan; Itu tidak termasuk sebuah toko buku sentral. Eksterior romantik Cobb dibangun dari granit merah muda dari Branford, Connecticut. Gedung baru dibuka pada bulan November 1893. Pameran umum dimulai pada tahun 1896 dan menjadi sering dari tahun 1909. 
     Pada tahun 1896, Newberry mulai memfokuskan koleksinya pada humaniora, sebagai hasil kesepakatan yang membagi spesialisasi perpustakaan dengan Perpustakaan Umum Chicago dan Perpustakaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi John Crerar yang baru (sekarang di University of Chicago). Setelah pergantian abad ke-20, Newberry mulai menambahkan koleksi humaniora yang penting yang diperoleh dalam bentuk blok dengan membeli dan melalui hadiah. Koleksi besar bahan medisnya masuk ke Perpustakaan Crerar pada tahun 1907.
      Beasiswa untuk penelitian lanjutan dan konferensi ilmiah diperkenalkan pada tahun 1940an dan secara bertahap menjadi ciri utama Newberry di tahun 1960an dan 70an. Pada abad ke-21 sekitar 50 ilmuwan mendapat dukungan beasiswa Newberry setiap tahun. Semester-semester seminar dimulai di konser dengan perguruan tinggi seni liberal Midwestern melalui Associated Colleges of the Midwest pada tahun 1965 dan kemudian dengan universitas di Chicago. Empat pusat penelitian - Pusat Sejarah Karton Hermon Dunlap Smith, Pusat McNickle D'Arcy untuk Studi Indian dan Indigenous Amerika, Pusat Studi Renaisans, dan Dr. William M. Scholl Center for American History and Culture - didirikan pada tahun 1970an , Dengan tujuan merangsang beasiswa disipliner dan interdisipliner. Mereka mensponsori dua konsorsium universitas dan banyak seminar, institut, dan program lainnya. Penambahan bangunan stack 10 lantai pada tahun 1982 menyediakan kondisi aman bagi lingkungan untuk koleksi dan memungkinkan Gedung Cobb utama diperbaharui untuk aktivitas staf dan rangkaian program publik yang lebih luas, termasuk program seminar besar untuk pendidikan orang dewasa. 

Koleksi Perpustakaan Newberry

     Pendiri Newberry, Walter Newberry, tidak dapat meninggalkan buku-buku untuk perpustakaan karena barang pribadinya dihancurkan oleh api Chicago tahun 1871. Namun warisan finansialnya memungkinkan Newberry untuk membeli banyak barang di tahun-tahun awal, termasuk Perpustakaan musik yang hebat dari koleksi Florentine Pio Resse (1889), koleksi buku dan manuskrip langka (termasuk Shakespeare First Folio, incunabula, dan dua binding Grolier, di antara harta lainnya) yang dikumpulkan oleh Henry Probasco dari Cincinnati (1890), dan Koleksi 17.000 jilid bahasa dan materi bahasa Louis-Lucien Bonaparte (1901). Sumber silsilah mulai dibeli secara teratur sebelum tahun 1900. Selama tahun 1920an dan 30an, Newberry setiap tahun membeli sejumlah besar incunabula.
     Pengeluaran tunggal terbesar untuk mendapatkan koleksi datang pada tahun 1964 dengan pembelian koleksi Louis H. Silver edisi bahasa Inggris dan Kontinental awal dan edisi pertama. Pembelian penting lainnya pada pertengahan abad ke-20 mencakup koleksi peta dan peta Eropa Novacco dan koleksi Francis sheet Driscoll dari Amerika, serta koleksi selebaran era Revolusi Prancis sebanyak 35.000 item. Di antara koleksi koleksi besar yang paling menonjol adalah koleksi Klaus Stopp dari sertifikat kelahiran dan kelahiran Jerman-Amerika yang telah dicetak dan kumpulan peta dan buku yang substansial dengan peta dari koleksi  Museum Sejarah Chicago.
     Karunia dua koleksi utama di tahun-tahun setelah 1910 secara permanen membentuk Newberry. Pada tahun 1911 Edward E. Ayer mulai memberi koleksi koleksi materialnya yang luar biasa kepada Indian Amerika. Pada tahun 1917 John M. Wing meninggalkan Newberry terkait koleksi yang sama dengan sejarah buku dan pencetakan. Kedua pria tersebut mewariskan dana yang memungkinkan koleksi mereka tumbuh dengan kuat sejak saat itu. Hal yang sama berlaku untuk William B. Greenlee dan Everett D. Graff, yang masing-masing memberikan koleksi yang sangat penting ke Portugal dan Brasil dan Amerika Barat; Mereka juga menyediakan dana untuk pembelian di masa depan. Koleksi Rudy L. Ruggles, yang berfokus pada elemen kunci sejarah dan literatur konstitusional Amerika, juga dilengkapi dengan dana pembelian.
     Koleksi lainnya termasuk manuskrip dan arsip yang berhubungan dengan Chicago, perusahaan utama kereta api (Chicago, Burlington dan Quincy; Illinois Central; dan Pullman Company), sejarah tarian (koleksi Ann Barzell), jurnalisme dan organisasi berita lokal (Chicago Daily News, Chicago Sun-Times, Chicago Reader, City News Bureau), dan klub Chicago (seperti Dill Pickle Club).
    Peta dan materi terkait peta telah sampai ke Newberry dalam kelimpahan sejak tahun 1980an. Bahan-bahan ini termasuk peta dan atlas yang diterbitkan oleh Rand McNally & Company sejak tahun 1876, serta arsip Rand McNally, General Drafting Company, dan H.M. Gousha Company. Dari Roger S. Baskes Koleksi buku dengan peta telah menghasilkan 10.000 item selama tahun 2010an.
     Materi yang berkaitan dengan agama juga menonjol di Newberry. Ribuan item yang terkait dengan agama Eropa dan Amerika, yang saat ini merupakan bagian dari Inisiatif Suster Ann Ida Gannon, berasal dari Mundelein College, the Society of the Divine Word, Friars Dominikan dari Provinsi St. Albert the Great, Universitas Concordia , Biara Passionist Chicago, Seminari Teologis McCormick, dan Persatuan Teologis Katolik.

Sumber Artikel Asli : https://www.britannica.com/topic/Newberry-Library 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perpustakaan Newberry (Newberry Library) Chicago"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top