Mengenal IFLA (International Federation of Library Asssociation and Institution) : Organisasi Perpustakaan International

IFLA (The International Federation of Library Associations and Institutions)
The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA)
Lebih Jauh Tentang IFLA

Siapakah Kami
     The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) adalah badan internasional terkemuka yang mewakili kepentingan layanan perpustakaan dan informasi dan penggunanya. IFLA adalah suara global dari perpustakaan dan profesi informasi.
     Didirikan pada tahun 1927 di Edinburgh, Skotlandia pada sebuah konferensi internasional, kami merayakan ulang tahun ke-75 kami di konferensi kami di Glasgow, Skotlandia pada tahun 2002. Kami sekarang memiliki lebih dari 1.350 Anggota di lebih dari 140 negara di seluruh dunia. IFLA terdaftar di Belanda pada tahun 1971. Perpustakaan Kerajaan, perpustakaan nasional Belanda, di Den Haag, dengan murah hati menyediakan fasilitas untuk kantor pusat kami.

Tujuan
IFLA adalah organisasi independen, international, non pemerintah, dan bukan organisasi nirlaba. Tujuan IFLA adalah:
- Memajukan standar ketentuan yang tinggi serta penyampaian layanan perpustakaan dan informasi.
 - Mendorong pemahaman yang luas tentang nilai perpustakaan dan layanan informasi yang baik
 - Mewakili kepentingan anggota di seluruh dunia

Nilai Inti
Dalam mengejar tujuan IFLA ini mencakup nilai-nilai inti sebagai berikut:
1. Pengesahan prinsip kebebasan akses terhadap informasi. Gagasan dan karya imajinasi dan kebebasan berekspresi yang terkandung dalam Pasal 19 dari Deklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia
2. Kepercayaan bahwa orang, masyarakat dan organisasi membutuhkan akses universal dan setara terhadap informasi, gagasan dan karya imajinasi untuk kesejahteraan sosial, pendidikan, budaya, demokrasi dan ekonomi mereka.
3. Keyakinan bahwa penyampaian layanan perpustakaan dan informasi berkualitas tinggi membantu menjamin akses tersebut
4. Komitmen untuk memungkinkan semua Anggota Federasi untuk terlibat, dan mendapatkan keuntungan dari, kegiatannya tanpa memperhatikan kewarganegaraan, kecacatan, asal etnis, jenis kelamin, lokasi geografis, bahasa, filsafat politik, ras atau agama 

Keanggotaan
     Kami memiliki dua kategori utama anggota pemungutan suara: Anggota Asosiasi dan Anggota Kelembagaan. Asosiasi perpustakaan dan profesional informasi, perpustakaan dan layanan informasi dan lembaga pendidikan dan penelitian, di bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang luas, semuanya diterima sebagai Anggota Asosiasi. Keanggotaan Institusional dirancang untuk perpustakaan dan layanan informasi individual, dan semua jenis organisasi di sektor perpustakaan dan informasi. Organisasi internasional dalam lingkup minat kami dapat bergabung sebagai Anggota Asosiasi Internasional.
    Anggota Asosiasi Nasional, Anggota Asosiasi Internasional dan Anggota Kelembagaan memiliki hak suara dalam pemilihan dan pertemuan. Mereka berhak mencalonkan kandidat untuk jabatan Presiden IFLA. Praktisi perorangan di bidang perpustakaan dan ilmu informasi dapat bergabung sebagai Personal Affiliates. Mereka tidak memiliki hak suara, namun memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi pekerjaan IFLA, dengan melayani di komite dan berkontribusi pada program profesional. 

Pendukung Perusahaan
     Lebih dari 25 perusahaan di industri informasi telah membentuk hubungan kerja dengan IFLA di bawah skema Corporate Supporters kami. Sebagai imbalan atas dukungan finansial dan 'dalam bentuk', mereka menerima berbagai manfaat termasuk kesempatan untuk mempresentasikan produk dan layanan mereka ke keanggotaan kami di seluruh dunia.

Hubungan dengan Lembaga Lain
     Kami telah menjalin hubungan kerja yang baik dengan berbagai badan lain dengan minat yang sama, memberikan kesempatan untuk pertukaran informasi dan pandangan reguler mengenai isu-isu yang menjadi perhatian bersama. Kami memiliki Hubungan Associate Formal dengan UNESCO, status pengamat dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, status asosiasi dengan Dewan Internasional Persatuan Ilmiah (ICSU) dan status pengamat dengan World Intellectual Property Organization (WIPO) dan Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Pada tahun 1999, kami menetapkan status pengamat dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
     Pada gilirannya, kami telah menawarkan status konsultatif kepada sejumlah organisasi non-pemerintah yang beroperasi di bidang terkait, termasuk International Publishers Association (IPA). Kami adalah anggota, bersama dengan Dewan Internasional untuk Arsip (ICA), International Council of Museums (ICOM) dan Dewan Internasional untuk Monumen dan Situs (ICOMOS), dari Komite Internasional Blue Shield (ICBS). Misi ICBS adalah mengumpulkan dan menyebarkan informasi dan mengkoordinasikan tindakan dalam situasi ketika properti budaya berisiko.

Kongres Perpustakaan dan Informasi Dunia: Konferensi dan Majelis Umum IFLA
     Konferensi kami diadakan pada bulan Agustus atau awal September di kota yang berbeda setiap tahunnya. Lebih dari tiga ribu delegasi bertemu untuk bertukar pengalaman, memperdebatkan masalah profesional, melihat produk terbaru dari industri informasi, menjalankan bisnis IFLA dan mengalami sesuatu dari budaya negara tuan rumah.

Rapat Daerah
    Berbagai pertemuan profesional, seminar dan lokakarya diadakan di seluruh dunia oleh kelompok profesional dan Program Strategis kami. Gunakan situs IFLA dan IFLA Journal untuk mengetahui apa yang terjadi kapan dan di mana. 

Pemerintahan
     Struktur pemerintahan IFLA telah direvisi dan mulai berlaku pada tahun 2008. Revisi diperlukan untuk mencerminkan peluang yang disajikan oleh keanggotaan kita yang semakin global dan kemudahan komunikasi di seluruh dunia. Untuk uraian tentang struktur pemerintahan, silakan berkonsultasi dengan Statuta IFLA.

Majelis
    Majelis Umum Anggota adalah badan pemerintahan tertinggi, yang terdiri dari delegasi Anggota Pemungutan Suara. Biasanya bertemu setiap tahun selama konferensi tahunan. Ini memilih Presiden dan anggota Dewan Pengatur. Ini juga mempertimbangkan resolusi umum dan profesional yang, jika disetujui, biasanya diserahkan ke Komite Eksekutif dan Komite Profesional untuk tindakan yang sesuai.

Dewan Pemerintahan
     Dewan Pengatur bertanggung jawab atas arah manajerial dan profesional IFLA sesuai pedoman yang disetujui oleh Majelis. Dewan terdiri dari Presiden, Presiden terpilih, 10 Anggota yang dipilih secara langsung (melalui surat suara dan / atau surat elektronik, setiap 2 tahun) dan 6 anggota Komite Profesional yang secara tidak langsung dipilih (oleh kelompok profesional melalui bagian dan divisi, dan Ketua Bagian Manajemen Bagian Perpustakaan); Sampai 3 Anggota dapat dikooptasi.
   Dewan Pengurus bertemu setidaknya dua kali setahun, sekali pada waktu dan tempat Konferensi Perpustakaan dan Informasi tahunan.

Komite Eksekutif
     Komite Eksekutif memiliki tanggung jawab eksekutif yang didelegasikan oleh Dewan Pengatur untuk mengawasi arahan IFLA di antara rapat Dewan ini sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Dewan. Komite terdiri dari Presiden, Presiden terpilih, Bendahara, Ketua Komite Profesional, 2 anggota Dewan Pengatur, yang dipilih setiap 2 tahun oleh anggota Dewan dari antara anggota terpilihnya, dan Sekretaris Jenderal IFLA, mantan- Officio. 

Komite Profesional
    Adalah tugas Komite Profesional untuk memastikan koordinasi kerja semua unit IFLA yang bertanggung jawab atas kegiatan profesional, kebijakan dan program. Komite terdiri dari sebuah kursi, dipilih oleh Komite keluar, ketua masing-masing dari 5 Divisi IFLA ditambah 2 anggota Dewan Pengurus, yang dipilih oleh Dewan tersebut dari antara anggotanya, Presiden terpilih, dan Kursi FAIFE dan Komite CLM; Anggota tambahan mungkin dikooptasi.
    Komite Profesional bertemu paling tidak dua kali setahun, sekali pada waktu dan tempat Konferensi Umum IFLA tahunan.

Program Strategis
    Isu umum untuk layanan perpustakaan dan informasi di seluruh dunia menjadi perhatian Program Strategis IFLA. Disutradarai oleh Komite Profesional, tujuan dan proyek Program Strategis berhubungan dengan Program Federasi dan prioritas Divisi dan Bagian. Program ALP (Action for Development through Libraries) memiliki cakupan yang sangat luas, berkonsentrasi pada berbagai masalah yang spesifik bagi negara berkembang. Yang lainnya mencakup isu-isu terkini yang relevan secara internasional, termasuk: Pelestarian dan Konservasi (PAC), IFLA UNIMARC dan Komite Standar IFLA, yang mengkoordinasikan standar kerja di dalam dan di luar IFLA dan mendukung kegiatan standar di unit profesional IFLA, terutama dalam beberapa bagian.
     Program Strategis masing-masing dikelola oleh seorang Direktur, yang melapor kepada Komite Profesional dan Dewan Pengurus. IFLA berterima kasih kepada Biblioteca Nacional, Portugal dan pustakawan mereka karena telah menjadi tuan rumah Program Strategis UNIMARC.
Program Bantuan untuk Pengembangan melalui Program Perpustakaan (ALP), Kebebasan Memperoleh Informasi dan Kebebasan Berekspresi (FAIFE), dan Komite Hak Cipta dan Hal-hal Hukum lainnya (CLM) Program Strategis, Komite, danProgram yang dikelola oleh Direktur Kebijakan IFLA Hukum dan Advokasi. Komite ini melaporkan kepada Dewan Pengurus.

Divisi dan Bagian
     Bagian adalah fokus utama untuk pekerjaan Federasi dalam jenis perpustakaan dan layanan informasi tertentu, dalam aspek ilmu perpustakaan dan informasi atau di suatu wilayah. Semua Anggota IFLA berhak mendaftar untuk Bagian pilihan mereka. Setelah terdaftar, Anggota pemungut suara berhak untuk menunjuk spesialis untuk Komite Tetap dari Bagian yang mereka daftarkan. Komite Tetap adalah kelompok kunci profesional yang mengembangkan dan memantau program Seksi. Bagian dikelompokkan menjadi lima divisi.

Kegiatan Daerah
     Tiga Wilayah Bagian (Afrika, Asia dan Oceania, dan Amerika Latin dan Karibia) membentuk Divisi Kegiatan Regional (Divisi 5). Mereka peduli dengan semua aspek layanan perpustakaan dan informasi di daerah mereka. Mereka mempromosikan kegiatan IFLA dan bekerja sama dengan Kantor Regional IFLA, yang berlokasi di Pretoria, Afrika Selatan; Singapura dan Buenos Aires, Argentina.

Kelompok Minat Khusus
     Kelompok Minat Khusus dapat dibentuk, secara sementara dan informal, untuk memungkinkan kelompok Anggota mendiskusikan masalah profesional, atau sosial dan budaya yang berkaitan dengan profesinya. Kelompok Diskusi dapat dibentuk selama dua tahun, sekali dapat diperbaharui, dan harus disponsori oleh Bagian.

Publikasi
Hasil program yang dikembangkan oleh kelompok profesional IFLA dicatat dan disebarluaskan dalam publikasi kami.
- Jurnal IFLA diterbitkan empat kali dalam setahun. Setiap isu mencakup berita tentang kegiatan dan artikel IFLA saat ini, dipilih untuk mencerminkan keragaman profesi informasi internasional, mulai dari kebebasan informasi, pelestarian, layanan hingga tunanetra dan kekayaan intelektual.
- Laporan Tahunan mencatat pencapaian IFLA selama tahun-tahun sebelumnya.
- Seri publikasi IFLA, diterbitkan oleh penerbit IFLA, De Gruyter di Berlin, Jerman.
- Laporan fitur seri IFLA Professional Reports mengenai pertemuan dan pedoman profesional untuk praktik terbaik.

Sumber Daya
     Banyak pustakawan dan profesional informasi di seluruh dunia, yang menyumbangkan waktu, keahlian dan sumber daya keuangan mereka, membuat prestasi kita menjadi mungkin. Sekitar 60% dari pendapatan kita berasal dari iuran keanggotaan.
     Sumber pendapatan lainnya termasuk penjualan publikasi, kontribusi tunai dan jenis dari mitra perusahaan kami, hibah dari yayasan dan lembaga pemerintah.
    Program Strategis kami didukung oleh hibah dari lembaga pendanaan internasional dan dukungan dermawan melalui sumbangan dan kontribusi baik oleh perpustakaan nasional dan universitas dan asosiasi nasional.

Sumber Artikel Asli : https://www.ifla.org/about/more 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal IFLA (International Federation of Library Asssociation and Institution) : Organisasi Perpustakaan International"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top