Friday, July 7, 2017

Kelebihan dan Kekurangan E-resource (Sumber Daya Elektronik)


Kelebihan E-Resource (Sumber Daya Elektronik)

     Alasan untuk benar-benar memulai pembelian sumber daya elektronik umumnya diterima karena kemudahan penggunaan, keterbacaan, keterjangkauan dan aksesibilitas. Berikut ini adalah keuntungan dari e-resources atas media cetak.

a) Multi-akses: Produk jaringan dapat menyediakan banyak jalur akses di beberapa pint sepanjang waktu dan melipatgandakan pengguna secara simultan.
b) Kecepatan: Sumber elektronik jauh lebih cepat untuk dijelajahi atau dicari, untuk mengekstrak informasi dari, dan untuk mengintegrasikan informasi tersebut ke materi lain dan untuk referensi di antara berbagai publikasi.
c) Fungsionalitas: E-resource akan memungkinkan pengguna untuk mendekati publikasi untuk menganalisis isinya dengan cara baru dengan mengklik mouse pada mode pencarian.
d) Konten: E-resource dapat berisi sejumlah informasi, namun yang lebih penting, materi dapat terdiri dari media campuran yaitu gambar, video, animasi audio yang tidak dapat diganti dalam bentuk cetak.
e) Mobilitas
f) Tabungan ruang fisik
g) Kenyamanan
h) Menyimpan waktu dan uang

 Kelemahan E-Resource (Sumber Daya Elektronik)

     Sekarang, semakin banyak orang memilih sumber daya elektronik untuk yang masih tradisional, karena bisa menghemat waktu dan uang mereka. Namun, dengan membanjirnya berbagai sumber daya elektronik, semakin banyak orang menyadari kekurangan sumber daya elektronik.

a) Kenyataan bahwa, e-resources membutuhkan perangkat khusus atau komputer pribadi dapat dipandang sebagai kerugian. Banyak sumber daya elektronik biasanya diproduksi agar kompatibel untuk perangkat lunak tertentu yang pada gilirannya mungkin tidak mudah tersedia. Karena e-resources daya bergantung pada perangkat lain, kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak tertentu dapat mempengaruhinya. Kecuali perangkat keras, koneksi internet atau daya baterai yang dibutuhkan oleh pembaca e-resources tersedia, maka dokumen elektroniknya tidak ada gunanya. Selain itu, e-sumber daya tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak dan lebih mudah rusak daripada buku cetak.
b) Perangkat baca e-resources pasti lebih mahal daripada buku cetak. Semua perangkat e-resources membutuhkan daya. Ada kekhawatiran bahwa e-resources saat ini mungkin tidak dapat diakses atau kompatibel dengan perangkat lunak atau perangkat e-resources depan.
c) Silau layar dan kelelahan mata merupakan perhatian serius bagi banyak pengguna teknologi e-resources. Kekhawatiran utama membaca dari pembaca e-resources bisa melukai mata. Resolusi layar komputer dan perangkat elektronik jauh lebih kecil daripada kualitas cetak yang dihasilkan oleh mesin cetak.
d) Membaca dari komputer tidak memiliki keakraban dan kenyamanan membaca dari sebuah buku. Sebuah buku kertas bisa dibuka dan dibalik, sementara teks elektronik lebih sulit dinavigasi.
e) E-Resources memiliki masa hidup yang tidak dapat diandalkan. Kertas memiliki masa pakai yang jauh lebih lama daripada kebanyakan bentuk penyimpanan digital. Karena pesatnya perkembangan sistem komputer baru, sulit untuk menilai apakah perangkat lunak atau perangkat keras akan menjadi usang. Saat perangkat keras baru dikembangkan, struktur harus dipasang agar migrasi bahan yang ada ke platform baru sehingga masih dapat diakses. Metode pelestarian dokumen elektronik juga harus dikembangkan. Tingkat kehandalan peralatan yang tinggi harus menjadi bagian dari perangkat elektronik yang menangani penggantian buku cetak.
f) Banyak judul yang tersedia dalam buku cetak tradisional belum tersedia dalam format buku elektronik.
g) Teknologi baru selalu membutuhkan waktu, pengalaman, dan uang untuk memanfaatkan sepenuhnya kemampuannya.   

Sumber Artikel Asli : http://www.lisbdnet.com/advantages-disadvantages-electronic-resource-e-resource/
Disqus Comments