Wednesday, June 14, 2017

Review Buku : Buku Ajar penyakit THT Edisi 6



Buku Ajar Penyakit THT edisi 6
Halo sobat Readers, kali ini saya akan sedikit membahas buku kesehatan yang berjudul Buku Ajar Penyakit THT. Buku ini cocok buat bapak ibu yang mengajar di bidang kesehatan. Buku ini cukup tebal dan berat karena ukurannya yang cukup besar. Buku ini ditulis oleh tiga orang yaitu George L. Adams, M.D. (Bagian Otolaringologi Fakultas Kedokteran Universitas Minessota), Lawrence R. Boies, Jr., M.D. (Kepala bagian Otolaringologi Pusat Kedokteran St. Paul Ramsey, St. Paul Minessota) dan Peter A. Higler, M.D. (Peter A. Higler, M.D. (Staf bagian Otolaringologi Pusat Kedokteran St. Paul Ramsey, St. Paul Minessota). Sudah jelas kan guys kalo buku ini sebenarnya adalah buku luar negeri. Tapi tenang saja karena buku ini sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Buku ini diterjemahkan oleh dr. Caroline Wijaya dan Editor Edisi Bahasa Indonesia oleh dr. Harjanto Effendi dan dr. R.A. Kuswidayati Santoso. Buku ini membahas tentang penyakit pada telinga, hidung dan tenggorokan atau biasa disebut THT. Buku ini sendiri terdiri dari delapan bagian diantaranya:

Bagian Satu Anamnesis dan Pemeriksaan


Bagian Dua Telinga


Bagian Tiga Hidung dan Sinus Paranasalis


Bagian Empat Rongga Mulut dan Faring


Bagian Lima Laring


Bagian Enam Neoplasma Kepala dan Leher


Bagian Tujuh Penyakit Trakea dan Esofagus Servikalis


Bagian Delapan Bedah Plastik dan Rekonstruktif
Sepertinya belum lengkap yaa kalo belum mengetahui isi dari buku tersebut. Berikut saya kasih beberapa potongan isi dalam buku ini.

Saraf kokhleovestibularis mengurus pendengaran dan keseimbangan. Fungsi-fungsi tersebut dibahas rinci di sepanjang buku ini. Penilaian pendengaran secara kasar diikuti dengan uji penala dan pemeriksaan audiometri akan menilai fungsi pendengaran. Penilaian fungsi vestibulum dan vertigo dibahas dalam BAB 3. Kelainan nistagmus, past-pointing, gaya berjalan, Romberg, dan berdiri tandem seringkali ditemukan pada gangguan vestibulum dan harus diperiksa. Penyakit SSP yang menimbulkan perubahan proprioseptif dan koordinasi dapat pula menyerupai penyakit vestibulum. Fungsi-fungsi tersebut harus diperiksa karena keduanya tidak terpengaruh pada penyakit vestibulum primer. (halaman 21)

Buku ini juga dilengkapi dengan gambar loh, jadi akan mempermudah kalian untuk lebih memahami isi dari buku ini.

Sekian dulu ya guys untuk resensi buku ini, kalau pingin mengetahinya lebih lanjut bisa membeli di penerbitnya langsung atau di toko-toko buku yang menyediakan. Beli yang asli ya guys jangan yang bajakan, ingat.. yang asli adalah yang mempunyai stiker hologram.

Judul Buku : Buku Ajar Penyakit THT Edisi 6


Penulis Buku Asli : George L. Adams, M.D., Lawrence R. Boies, Jr., M.D., dan Peter A. Higler, M.D.


Penerjemah : dr. Caroline Wijaya, Editor Bahasa Indonesia dr. Harjanto Effendi dan dr. R.A. Kuswidayati Santoso


Penerbitan : Jakarta : EGC, 1997. Cetakan 2016

ISBN : 979-448-244-7
Disqus Comments