Monday, June 12, 2017

Review Buku : Epidemiologi Penyakit Tidak Menular



Halo sobat Readers, ada buku baru nih keluaran tahun 2016, buku ini berjudul Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Buku ini ditulis oleh Dr. H. Masriadi, S.Pd.I., S.Kg., M.Kes., MH. Wahh banyak sekali ya gelarnya, berarti menandakan beliau sangat rajin sekali untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Pendidikan itu penting ya guys supaya ilmu kita selalu bertambah hehe. Oke lanjut bahas bukunya ya, walaupun saya bukan orang bidang kesehatan, tapi saya penasaran banget dengan isi-isinya. Penyakit tidak menular merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan besar di hampir semua negara maju dan berkembang, termasuk Indonesia. Penasaran dengan isi Bab di buku ini? Yuk intip dibawah ini.

BAB 1 Prinsip Dasar Epidemiologi Penyakit Tidak Menular

BAB 2 Abses Paru

BAB 3 Anoreksia

BAB 4 Diabetes Millitus

BAB 5 Epilepsi

BAB 6 Kanker Payudara (Carcinoma Mammae)

BAB 7 Kanker Usus

BAB 8 Kelenjar Tiroid (Goiter)

BAB 9 Leukimia

BAB 10 Stroke

BAB 11 Usus Buntu (Apendistis)

BAB 12 Aizheimer

BAB 13 Anemia

BAB 14 Asma

BAB 15 Bronkitis

BAB 16 Ginjal Kronis

BAB 17 Insomnia

BAB 18 Kanker Paru

BAB 19 Kanker Tulang

BAB 20 Katarak

BAB 21 Reumatik

BAB 22 Wasir

BAB 23 Stomatitis Aftosa Rekurent (SAR)

BAB 24 Dermatitis Atopik

BAB 25 Kanker Serviks

BAB 26 Zkizofrenia

BAB 27 Hipertensi

BAB 28 Penyakit Jantung Koroner

BAB 29 Penyakit Hernia

Gimana Guys..? Banyak banget ya BABnya. Tapi dengan BAB sebanyak itu, bukunya tebel? Enggak tebel-tebel amat kok guys, cuma 412 halaman aja tapi menurutku itu udah lengkap banget. Berikut saya kasih sedikit kutipan isi dalam buku ini.

Sindrom Epilepsi didasarkan atas gambaran klinis bangkitan, umur pada saat munculnya bangkitan pertama kali (onset), riwayat keluarga, korelasi anatomi, faktor pencetus, beratnya bangkitan, kronisitas, adanya kelompok atau siklus bangkitan, riwayat alamiah dan prognosis. Diagnosis sindromik berguna untuk memilih Obat Anti Epilepsi (OAE) yang paling tepat. Sementara itu secara klinis dikenal bangkitanyang bersifat lokal (bangkitan parsial atau lokal) dan bangkitan yang bersifat umum (sumber bangkitan tidak jelas). Klasifikasi ini dibuat oleh ILAE yang kemudian diterima oleh komunitas medik. Klasifikasi ini secara bertahap menggantikan istilah lama ialah grand mal dan petit mal. (halaman 41)

Itu dia resensi buku dari buku ini yang dapat admin sampaikan, kalau penasaran dan berminat beli di penerbit atau toko buku yang menyediakan ya guys, beli yang asli jangan beli yang bajakan. Salam Readers

Judul Buku : Epidemiologi Penyakit Tidak Menular


Penulis : Dr. H. Masriadi, S.Pd.I., S.Kg., M.Kes., MH


Penerbitan : Jakarta: Trans Info Media, 2016

ISBN : 978-602-202-204-6
Disqus Comments