Saturday, July 8, 2017

Pengertian Ebook : Peran, Jenis, Manfaat dan Fitur E-book

 
E-book
E-book
Apa itu E-book?

Setiap perpustakaan bertujuan untuk menyediakan layanan informasi berkualitas untuk kepuasan pengguna yang lengkap melalui pemanfaatan sumber daya perpustakaan yang optimal. Untuk mencapai tujuan ini perpustakaan memperoleh, melestarikan dan menyebarkan dokumenter serta rekaman informasi non-dokumenter. Pada hari-hari sebelumnya, dokumen perpustakaan sebagian besar berbentuk buku "tradisional" dengan format yang ditentukan, yaitu pembuatan yang secara fisik berbeda yang terdiri dari kumpulan halaman dan disajikan dalam volume yang terikat. Teknologi penanganan informasi terkini telah mempengaruhi secara signifikan sifat dasar perpustakaan berbasis cetak tradisional dan telah membuat perpustakaan elektronik, digital dan virtual yang berisi dokumen elektronik seperti e-book, e-journal, dll.

Istilah e-book dijelaskan dengan glossary micro, E-book (Buku Elektronik, e-book, dll) adalah jenis buku elektronik yang dapat didownload dari server dalam berbagai format file: E-Pub, PDF, TXT, HTML hanya untuk beberapa nama. Mereka dimaksudkan untuk dibaca saat bepergian dan digunakan sebagai alternatif yang lebih ringan untuk membawa buku aktual bersama Anda dalam perjalanan, pekerjaan, dan liburan.

Umumnya semua perpustakaan menyediakan kualitas informasi dan layanan kepada pelanggan untuk tingkat kepuasan maksimal mereka. Untuk mencapai target ini perpustakaan mengumpulkan melestarikan dan menyebarkan sumber informasi seperti bahan cetak dan non cetak.

Beberapa abad yang lalu, perpustakaan menyimpan sumber daya dalam bentuk bahan cetak. Namun saat ini kebutuhan informasi tinggi dan sistematis. Hal ini dapat mempengaruhi kebutuhan, peningkatan dan pertumbuhan e-book.

Pengertian Ebook:
"Wikipedia mendefinisikan e-book sebagai, Sebuah e-book (singkatan dari buku elektronik dan juga dikenal sebagai buku digital, e-book, dan eBook) adalah perangkat elektronik portabel yang digunakan untuk mendownload dan membaca buku atau majalah yang dalam bentuk digital. . Terkadang setara dengan buku cetak konvensional, e-book juga bisa terlahir digital.
Menurut Glosarium perpustakaan digital Afrika mendefinisikan istilah e-book, (E-Books) Buku yang tersedia secara elektronik melalui situs web di Internet. Pembaca E-Book telah dikembangkan untuk perangkat seperti Palm Tops dan PC's, termasuk notebook PC.
Menurut glosarium penerbitan mendefinisikan istilah e-book, Ini adalah buku dalam format digital yang dapat didownload ke komputer Anda untuk dibaca atau dicetak, atau ke pembaca e-book portabel yang dapat Anda bawa bersama Anda dan membaca kapanpun dengan mudah. E-book datang dalam format yang berbeda, tergantung perangkat mana yang akan mereka baca.
Asal dan Evolusi E-book

Mesin cetak pertama dengan tipe bergerak yang ditemukan pada tahun 1450 oleh Johannes Gutenberg merevolusi proses pencetakan dengan membuatnya lebih sederhana dan lebih terjangkau. Meskipun novel hypertext pertama diterbitkan pada tahun 1987, buku elektronik tidak menarik perhatian publik sampai publikasi online novel Stephen King Riding the Bullet pada bulan Maret 2000. Dalam waktu 24 jam, teks tersebut telah Diunduh oleh 400.000 pengguna komputer.

Konsep modern dari e-book menjadi umum setelah Martin Eberhart dan Jim Sachs memulai perusahaan mereka sendiri dan mengembangkan eBook Rocket dan SoftBook, dua alat pembacaan e-book genggam pertama. Pada tahun 1999, saat ini, ada minat yang meningkat dalam penggunaan e-book dan bentuk dokumentasi online lainnya untuk menyebarkan informasi dan memberikan akses global terhadapnya.

Peran E-book

E-book lebih disukai oleh pengguna untuk fiturnya seperti portabilitas, kemampuan upgrade, pembuatan catatan, kutipan, ukuran font yang dapat diubah, referensi, tautan ke situs lain yang relevan, pencarian, dll. Perpustakaan membeli e-book dan melihatnya di monitor atau Beberapa pembaca e-book tertentu.

- E-book juga bisa diedarkan seperti buku cetak. 
- Portabilitas mereka memberi kesempatan baru untuk belajar, misalnya, Pembelajaran jarak jauh.
- Bisa dibawa dan ditransfer kemana saja.
- Fitur mereka seperti ukuran huruf yang berubah membuatnya mudah digunakan.
- Dapat dicari dan dijelajahi melalui tautan yang tersedia.

Jenis E-book

Ada berbagai jenis e-book yang tersedia di pasaran. Beberapa jenis dijelaskan dalam tulisan ini:
  
- E-book Download: Isi e-book tersedia di situs web untuk diunduh ke PC pengguna. Pengguna tidak perlu membeli perangkat bacaan khusus dan dapat menggunakan teknik web standar dan terkenal untuk mendapatkan buku ini.

- Dedicated e-Books: Isi buku dapat didownload ke perangkat keras khusus; Ini memiliki layar berkualitas tinggi dan kemampuan khusus membaca buku. Sebagian besar kegiatan pusat e-book yang didedikasikan berpusat pada munculnya perangkat keras pembaca e-book khusus yang dirancang khusus dan dirancang untuk meningkatkan pengalaman membaca dan mereka menggabungkan kontrol khusus untuk membuat pembacaan buku menjadi mudah dan sederhana. Tidak perlu fasilitas akses PC atau Internet, karena pembaca memasukkan modem yang langsung menghubungi server penerbit e-book untuk mendownload buku.

- E-book yang dapat diakses oleh web: Buku ini tetap ada di situs web penyedia layanan dan dapat diakses berdasarkan biaya. Pembaca dapat membeli buku-buku tersebut untuk menerima akses tak terbatas. Pengguna membutuhkan PC untuk mengakses e-book semacam ini. 

- Print-on-Demand Book: Isi buku disimpan dalam sistem yang terhubung ke printer berkualitas tinggi dan dari mana salinan cetak dan salinan diproduksi sesuai permintaan. Isi dapat diakses berdasarkan bab demi bab, untuk memungkinkan pembuatan satu salinan buku yang disesuaikan. 

Batasan E-book 

Meskipun e-book memiliki potensi dan masa depan yang cerah untuk menarik pengguna, hal itu juga memiliki beberapa keterbatasan. 


- Ketegangan Fisik dan Mental: untuk membaca e-book tidak nyaman dibandingkan dengan buku cetak.
- Membaca e-book saat bepergian dengan kereta atau bus tidaklah mudah dan murah dibandingkan dengan buku cetak. Laptop atau Palm top dengan sistem baterai sangat perlu untuk membaca e-book, yang harganya lebih mahal dari pada sebuah buku.
- Selain biaya, pengguna harus membawa mesin yang sulit dan beresiko seperti kerusakan atau pencurian.
- E-book lebih mahal dari pada buku cetak.

Manfaat E-book  

- Platform tunggal bagi pengguna untuk mengakses semua konten, dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. 
- Akses kapan saja dan dimana saja.
- Mendukung pengguna dalam berbagai cara - menyediakan akses ke konten melalui situs Web dan download ke perangkat digital portabel, bila memungkinkan. 
- Konten tepercaya dari penerbit terkemuka di dunia - yang dikenal dengan kelengkapan, kualitas, dan keinginan.
- Check in otomatis; Tidak ada rak; Tidak ada barang hilang, dicuri, rusak atau terlambat.
Laporan yang kuat memfasilitasi keputusan pengembangan koleksi.  

Fitur E-book

Ada beberapa fitur berharga untuk memberi preferensi pada e-book seperti kutipan, referensi, konektivitas ke situs lain yang paling cepat, pencarian yang paling mudah, dan sebagainya. Fitur e-book adalah sebagai berikut: 

- Beberapa format: eAudiobooks, eBook, eJournals, eMagazines dan eDatabases.
- Beberapa bahasa: Inggris, Cina, Prancis, Spanyol.
- Aksesibilitas otentikasi jarak jauh; Materi tersedia di dalam dan di luar perpustakaan.
- Alat pengembangan koleksi seperti TitleSelect, TitleDirect, Patron-Driven Acquisition, Library Resource Center dan banyak lagi.
- Catatan katalog OCLC MARC termasuk dalam katalog.
- Cari fungsionalitas di dalam dan di semua konten NetLibrary.
- Mampu beredar seperti buku cetak.
- Penyediaan pembelajaran jarak jauh.
- Mampu ditransfer dan dibawa dengan mudah.
- Kemampuan untuk mengubah ukuran font juga memotivasi pengguna.

Sumber Artikel Asli: http://www.lisbdnet.com/e-book/       
Disqus Comments