Buku Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi


Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi
Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi
Halo para sahabat buku terutama buku-buku kesehatan. Kali ini saya akan memberikan informasi sedikit mengenai buku dengan subjek kebidanan yang berjudul Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi. Buku ini merupakan tulisan dari Eva Ellya Sibagariang, M.Kes. Buku tersebut dibuat sebagai panduan bagi Mahasiswa untuk memahami lebih jauh tentang Kesehatan Reproduksi Wanita, yang mana isinya telah memuat materi-materi yang akan dibutuhkan dan sudah disesuaikan dengan kurikulum. 

Adapun cakupan materi yang terdapat dalam buku tersebut adalah:

BAB 1 Kodrat Wanita
Dalam bab ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan perempuan.

BAB 2 Kesehatan Reproduksi Berprespektif
Pada bab 2 ini membahas peran dan kesehatan gender, gender dan kesehatan reproduksi, diskriminasi gender serta masalah kesehatan reproduksi perempuan berhubungan dengan gender.

BAB 3 Remaja dan Kesehatan Reproduksi
Pada bab 3 ini membahas tentang Menarche, Amenorrhea, Dysmenorrhoe, Menorrhagia, dan Fluor Albus (Leucorrhoe). 

BAB 4 Seksualitas dan Permasalahan Remaja
Pada bab 4 ini membahas tentang pernikahan dini, Inchest, Homeless, dan Seksualitas.

BAB 5 Menstruasi
Pada bab 5 ini membahas tentang Hormon-hormon dari ovarium, dan siklus Ovarium.

BAB 6 Kehamilan
Pada bab 6 ini hanya membahas perubahan fisik dan fisiologi ibu hamil.

BAB 7 Tahap Perkembangan Janin dan Bayi

BAB 8 Ibu Menyusui
Pada bab 8 ini membahas tentang teknik menyusui yang benar, keunggulan Asi dan manfaat menyusui, problema ibu menyusui dan penanganannya.

BAB 9 Kontrasepsi Bagi Wanita
Pada bab 9 ini hanya membahas metode KB

BAB 10 Masalah Kesehatan Lanjut Usia
Pada bab 10 ini membahas Lansia, Demensia, Osteoporosis dan Kanker Leher Rahim.

BAB 11 Menopause
Pada bab 11 ini membahas usia saat menopause, tahap-tahap menopause, perubahan tubuh menjelang menopause, gejala klinis yang terjadi pada masa menopause, pencegahan masalah menopause, faktor-faktor yang mempengaruhi menopause, dan klasifikasi menopause.

BAB 12 Kebutuhan Dasar Ibu Post Partum
Pada bab 12 ini membahas perubahan sistem reproduksi, perubahan sistem pencernaan, perubahan sistem perkemihan, perubahan sistem muskuloskeletal, perubahan sistem endokrin, perubahan tanda-tanda vital, perubahan sistem kardiovaskuler, perubahan sistem hematologi, perubahan berat badan, dan perubahan kulit.

BAB 13 Posyandu Lanjut Usia
Pada bab 13 ini membahas posyandu lansia, pengertian posyandu lansia, tujuan posyandu lansia, sasaran posyandu lansia, mekanisme pelayanan posyandu lansia, bentuk pelayanan posyandu lansia, dan pelayanan demensia di masyarakat.

Ovarium melepaskan satu sel telursetiap bulannya (ovulasi) yang biasanya terjadi 12-16 hari sebelum haid berikutnya. Menjelang proses ovulasi, suplai darah ke ovarium meningkat dan ligamen berkontraksi untuk mendorong ovarium lebih dekat dengan tuba fallopi. Sel telur pun lebih mudah untuk menemukan jalan ke tuba fallopi lalu bergerak menuju ke rahim. Sementara itu, untuk menyambut sel telur yang telah dilepaskan, lapisan rahim mulai menebal dan dindingnya melunak. Jika tidak terjadi pembuahan, darah dan jaringan yang membuat dinding rahim menebal tidak terpakai sehingga meluruh dan keluar melalui vagina. Siklus ini normalnyaterjadi setiap bulan dan berhenti setelah ovarium tidak lagi melepaskan sel telur, masa ini disebut juga masa menopause. (Hal. 83)

Pengggalan paragraf diatas merupakan isi dari buku tersebut. Bagi kalian yang penasaran, buku ini tersedia di Perpustakaan STIKES banyuwangi. Kalian juga bisa membelinya dari penerbit ataupun toko-toko yang menjualnya. Satu hal yang pasti jangan pernah membajak atau mengkopi buku tersebut untuk diperjual-belikan. Sekian yang saya dapat berikan informasi mengenai buku Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi.

Judul Buku : Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi.
Penulis : Eva Ellya Sibagariang, M.Kes
Penerbitan : Jakarta: TIM, 2016.
ISBN : 978-602-202-219-0
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Buku Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top