Buku Ajar Pelayanan KB 2016

Buku Ajar Pelayanan KB
Buku Ajar Pelayanan KB

Halo sahabat buku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang sebuah buku yang berjudul Buku Ajar Pelayanan KB. Buku ini merupakan karangan dari Marmi atau yang akrab dipanggil Ami. Beliau merupakan lulusan S2 di Magister Kedokteran Keluarga UNS. Buku ini terbitan tahun 2016 dan diterbitkan oleh Penerbit pustaka Pelajar, jadi masih tergolong buku keluaran baru. 

Pelayanan KB merupakan salah satu mata kuliah inti kebidanan pada program pendidikan DIII Kebidanan yang memiliki beban nilai 3 SKS. Kompetensi dasar yang harus ada dalam mata kuliah tersebut secara tuntas dan detail dibahas dalam buku ini. Sehingga buku ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa maupun dosen terhadap buku sumber untuk mendukung KBM Pelayanan KB. Materi dalam buku ini meliputi:

BAB 1 Konsep kependudukan di Indonesia
Pada bab ini membahas tentang pengertian penduduk, dinamika kependudukan, faktor-faktor demografi yang memengaruhi laju pertumbuhan penduduk, transisi demografi, dan masalah kependudukan di Indonesia.

BAB 2 Sejarah Perkembangan KB di Indonesia
Pada bab 2 ini membahas tentang latar belakang sejarah lahirnya keluarga berencana, perkembangan kb di Indonesia, faktor-faktor perkembangan kb di indonesia, dan organisasi-organiosasi di Indonesia.

BAB 3 Program Keluarga Berencana di indonesia
Pada bab 3 ini membahas tentang tujuan program kb, sasaran program kb, ruang lingkup program kb, strategi program kb, strategi pendekatan dan cara operasional program pelayanan kb, dampak program kb, dan manfaat program keluarga berencana.

BAB 4 Program Komunikasi, Informasi, Edukasi dalam pelayanan KB
Pada bab 4 ini membahas tentang definisi kie, tujuan kie dalam pelayanan KB, jenis kie dalam pelayanan kb, prinsip kie dalam pelayanan KB, faktor-faktor yang memengaruhi kie, tahap penerimaan dan penolakan dalam proses kie, konseling keluarga berencana,  dan informed choice dan informed consent dalam pelayanan kb.

BAB 5 Metode Kontrasepsi Sederhana (Tanpa Alat): KB Alamiah
Pada bab 5 ini membahas tentang sejarah kontrasepsi, jenis kontrasepsi, dan metode kontrasepsi sederhana (tanpa alat): KB alamiah.

BAB 6 Metode Kontrasepsi Sederhana dengan Alat
Pada bab 6 ini membahas tentang kondom (karet KB), Barier Intravaginal, dan Kimiawi Spermiside.

BAB 7 Metode Kontrasepsi Modern Hormonal
Pada bab 7 ini membahas tentang pil KB (oral contraceptive pill), suntikan KB, dan implant/susuk KB.

BAB 8 Metode Kontrasepsi Modern AKDR (IUD)
Pada bab 8 ini membahas tentang sejarah AKDR, pengertian AKDR, profil AKDR, mekanisme kerja AKDR, jenis-jenis AKDR, efektifitas AKDR, keuntungan AKDR, kerugian/efek samping AKDR, cara penanggulangan efek samping AKDR, indikasi penggunaan AKDR, kontra indikasi AKDR, pemilihan AKDR, faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan IUD, tanda bahaya AKDR, waktu kunjungan ulang, dan insersi/pemasangan AKDR.

BAB 9 Metode Kontrasepsi dengan Metode Operatif/Mantap/Sterilisasi
Pada bab 9 ini membahas tentang tubektomi (Mow), dan vasektomi (Mop).

BAB 10 IUD Post Plasenta

BAB 11 cara Menaggulangi dan Rujukan Akseptor KB Bermasalah (Efek Samping dan Penanganannya)
Pada bab 11 ini membahas tentang kondom, diafragma, spermisidasi, kontrasepsi oral, akdr, kontrasepsi suntik, norplant, tubektomi, dan vasektomi.

BAB 12 Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan KB
Pada bab 12 ini membahas tentang batasan pengertian pencatatan dan pelaporan KB, langkah-langkah pelaksanaan, dan pendokumentasian rujukan KB.

BAB 13 Kontrasepsi Darurat  Emmergency Contraception (EC)
Pada bab 13 ini membahas tentang pengertian kontrasepsi darurat, cara kerja kontrasepsi darurat, indikasi kontrasepsi darurat, kontra indikasi kontrasepsi darurat, kelebihan kontrasepsi darurat, kekurangan kontrasepsi darurat, macam-macam metode kontrasepsi darurat, konseling kontrasepsi darurat, tingkat keamanan penggunaan kontrasepsi darurat, dan angka keberhasilan penggunaan kontrasepsi darurat.

BAB 14 Perkembangan Teknologi Kontrasepsi Terkini
Pada bab 14 ini membahas tentang alat kontrasepsi terkini, perkembangan metode dengan alat, perkembangan metode modern, perkembangan metode operatif, dan vaksinasi kontrasepsi.

Spon merupakan sejenis alat berbentuk busa yang cara kerja dengan cara dimasukkan ke dalam vagina beberapa jam sebelum melakukan hubungan intim, dan biarkan di dalam vagina selama 30 jam sesudah berhubungan. Spon yang dimasukkan ke dalam vagina bekerja dengan cara melepaskan zat pembunuh sperma (spermicide) saat berada dalam kondisi lembab karena air, dan ditempatkan di atas serviks. (halaman 180)

Paragraf diatas merupakan sebagian kecil isi dari buku ini. Bagi sahabat yang ingin membaca semua dari isi buku ini bisa mengunjungi perpustakaan STIKES Banyuwangi atau bisa membelinya langsung kepada penerbit atau di toko-toko buku yang menyediakan. Sekian ulasan buku: Buku Ajar Pelayanan KB, Terima Kasih.

Judul Buku: Buku Ajar Pelayanan KB
Pengarang: Marmi
Penerbitan: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
ISBN: 978-602-229-575-4 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Buku Ajar Pelayanan KB 2016"

Wah sangat bermanffat gan informasinya

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top