Apa itu Pustakawan?


Pengertian Pustakawan
Apa itu Pustakawan?
     
     Mungkin sudah banyak masyarakat yang tahu tentang perpustakaan. Banyak yang mengartikan bahwa perpustakaan adalah tempat bagi orang-orang membaca buku atau perpustakaan itu sendiri diartikan sebagai tempat belajar untuk memperkaya ilmu. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa perpustakaan itu sebenarnya dikelola dan diatur oleh seseorang yang disebut pustakawan. Apa itu pustakawan? Apa yang dilakukan oleh pustakawan di perpustakaan? Dan apa enaknya jadi pustakawan? Itulah pertanyaan yang sering saya alami ketika bertemu dengan orang-orang yang menanyakan hal itu.
     Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, pustakawan merupakan orang yang bergerak dalam bidang perpustakaan atau orang yang ahli dalam bidang perpustakaan. Seseorang yang pengalaman di bidang perpustakaan tapi belum pernah sekolah pustakawan apa bisa disebut pustakawan? kalau dulu sebelum ada aturan baru memang orang yang bekerja di perpustakaan bisa disebut pustakawan karena dulu pustakawan belum dianggap sebagai pekerjaan profesi. Aturan yang baru telah ditetapkan kalau tidak salah dari perpusnas saya lupa, nanti akan saya bahas dilain waktu. Jadi, untuk aturan yang baru seseorang dikatakan pustakawan murni apabila (1) Lulus sekolah minimal S1 Ilmu Perpustakaan, (2) Telah mengikuti sertifikasi pustakawan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) serta (3) Bekerja di perpustakaan dalam beberapa tahun.(Sumber berdasarkan diskusi dari para pustakawan)
   Sebagai salah satu mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri program studi Ilmu Perpustakaan di Kota Malang, saya cukup heran karena ternyata cukup banyak yang belum tahu tentang profesi pustakawan. Di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia pun sudah ada jurusan atau program studi Ilmu Perpustakaan mengingat di zaman modern seperti ini profesi ini sangat dibutuhkan dan mempunyai peluang kerja yang cukup bagus. Tidak banyak pustakawan yang ada saat ini baik pada perpustakaan sekolah-sekolah ataupun perpustakaan lainnya yang lulusan dari Perguruan Tinggi.
    Menanggapi pertanyaan dari masyarakat bahwa sebenarnya pustakawan bukanlah orang yang hanya duduk-duduk diam menjaga buku sampai terkantuk-kantuk, tetapi pustakawan adalah orang dengan segudang ilmu. Profesi ini mungkin sering diremehkan, tetapi bagi saya profesi ini berpengaruh besar terhadap perkembangan pendidikan dan penyebaran informasi tentunya. Apa yang dilakukan oleh seorang pustakawan belum tentu bisa dilakukan oleh kebanyakan orang karena butuh keahlian khusus dalam menerapkan ilmunya sebagai pustakawan.
     Ada beberapa faktor menurut saya yang membuat masyarakat belum terlalu meminati Profesi Pustakawan ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya (1) Belum banyaknya sosialisai terhadap jurusan perpustakaan sehingga masyarakat banyak yang belum paham tentang profesi pustakawan, (2) Upah gaji yang masih sangat rendah meskipun prospek kerja cukup banyak, (3) Belum adanya kepedulian pemerintah terhadap profesi pustakawan padahal sangat penting.
   Itulah beberapa tanggapan mengenai apa itu pustakawan dan prospek kerja pustakawan. Semoga kedepan Pustakawan semakin diperhatikan dan semakin sejahtera. Salam Pustakawan
Bagikan :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Apa itu Pustakawan?"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top