Minggu, 22 Agustus 2021

Daftar Jurnal Gizi yang Terakreditasi Nasional (Update 2021)

Halo semuanya, kali ini saya akan memberitahukan Daftar Jurnal Gizi yang Terakreditasi Nasional. Seperti yang kita tahu bahwasannya jurnal dibutuhkan dalam mencari referensi yang digunakan untuk penulisan karya tulis ilmiah seperti penelitian, artikel ilmiah dll. Jurnal juga dibutuhkan oleh Perguruan Tinggi yang membutuhkan jurnal dalam bentuk tercetak untuk proses akreditasi institusi maupun program studi. Perlu diketahui bahwa jurnal yang diakui untuk akreditasi di perguruan tinggi adalah jurnal yang masuk kategori SINTA 2. Berikut ini saya beritahukan Daftar Jurnal Gizi yang Terakreditasi Nasional.

1Gizi Indonesia

Gizi Indonesia (Jurnal Perhimpunan Gizi Indonesia) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). Jurnal yang terbit pertama kali pada Oktober 1967 ini merupakan forum komunikasi hasil penelitian, review hasil penelitian, metodologi dan pendekatan baru dalam penelitian terkait gizi masyarakat, upaya gizi klinis di Indonesia.

Gizi Indonesia terbit 2 kali dalam setahun dan telah diakreditasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan SK No. 647/AU3/P2MI-LIPI/07/2015. Pada tanggal 9 Juli 2018 Gizi Indonesia telah terakreditasi sebagai peringkat kedua yang diberikan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 21/E/KPT/2018. Pada tanggal 23 Desember 2020 Gizi Indonesia telah diakreditasi ulang Sinta 2 oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 200/M/KPT/2020.

2. Jurnal Gizi Klinik Indonesia

Jurnal Gizi Klinik Indonesia [ISSN 1693-900X (Print), ISSN 2502-4140 (Online)] merupakan open access and peer-reviewed journal yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang gizi dan kesehatan, yang terkait gizi klinis, gizi masyarakat, gizi olahraga, gizi molekular, biokimia gizi, pangan fungsional, serta pelayanan dan manajemen gizi. Jurnal ini diterbitkan oleh Minat Gizi dan Kesehatan, Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI) dengan frekuensi terbit empat kali dalam setahun.

Jurnal Gizi Klinik Indonesia diakui sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi (Sinta 2) tahun 2017 - 2021 oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) yang dikelola Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional, Republik Indonesia berdasarkan keputusan Nomor: 30/E/KPT/2018.

3. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition)

Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition) (e-ISSN: 2338-3119) terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) oleh Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Perhimpunan Gizi Indonesia (PERSAGI ) Jawa Tengah. Jurnal Gizi Indonesia merupakan Jurnal Nasional yang fokus pada penelitian di bidang gizi, dengan Terakreditasi S2 Sinta Berdasarkan Keputusan Kemenristek Dikti No. 148/M/KPT/2020.

4. Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research)

Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research) merupakan media untuk berbagi informasi antar peneliti, pemerhati penelitian gizi dan makanan. Jurnal ini diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang berlokasi di Bogor. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1971. Melalui jurnal ini, berbagai penelitian dapat didistribusikan kepada pengguna secara optimal. Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research) diterbitkan 2 kali dalam setahun. Jurnal tersebut telah diakreditasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia No. 21/E/KPT/2018.

5. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics)

Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics) disingkat IJND (p-ISSN 2303-3045 dan e-ISSN 2503-183X) adalah jurnal ilmiah peer-review yang menerbitkan artikel penelitian dan non-penelitian terkini di bidang nutrisi dan dietetik. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun oleh Alma Ata University Press bekerja sama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persatuan Ahli Gizi Indonesia). Terakreditasi RISTEK-BRIN No. 200/M/KPT/2020 Berlaku mulai 23 Desember 2020.

6. Jurnal Gizi dan Pangan

Jurnal Gizi dan Pangan (Indonesian Journal of Nutrition and Food) adalah publikasi resmi Perhimpunan Pangan dan Gizi Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia) dan Departemen Gizi Masyarakat, IPB University, sejak tahun 2006. Saat ini, jurnal ini menempati peringkat teratas di Indonesia. , antara lain jurnal dalam kategori nutrisi dan makanan.

Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah akses terbuka yang menerbitkan artikel penelitian asli di bidang gizi dan pangan, meliputi aspek biokimia, gizi klinis, gizi masyarakat, pangan fungsional, dan aspek sosial ekonomi gizi dan pangan, termasuk gizi dan pangan. database dan regulasi.

Jurnal Gizi dan Pangan telah terakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (posisi saat ini: Sinta tier 2). Itu juga diindeks di Clarivate Analytics, Emerging Sources Citation Index, SINTA (Science and Technology Index), DOAJ (Directory of Open Access Journal), dan Google Scholar.

7. Media Gizi Mikro Indonesia

Media Gizi Mikro Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang secara berkala dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Makalah yang diterbitkan dalam bentuk teks/artikel hasil penelitian dan pengembangan, hasil analisis ilmiah data sekunder, ringkasan topik terkini di bidang Mikronutrien. Redaksi menerima naskah/artikel, baik dari peneliti di Balai Litbang Kesehatan Magelang maupun luar. Jurnal telah terakreditasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Nomor: 30/E/KPT/2019, Terakreditasi Peringkat 2, Berlaku sd Vol 14 No 2 2024 )

8. Media Gizi Indonesia

Media Gizi Indonesia (MGI) / Jurnal Gizi Nasional (p-ISSN 1693-7228 ; e-ISSN 2540-8410) adalah jurnal ilmiah tentang gizi. Terbit secara berkala setiap 3 bulan, pada bulan Januari, Mei, dan September. MGI juga bekerjasama dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia). MGI berfungsi sebagai media komunikasi untuk menyebarluaskan informasi hasil penelitian dan literature review yang fokus pada gizi masyarakat, gizi klinis, gizi kelembagaan, manajemen pelayanan pangan, teknologi pangan, dan isu-isu terkini tentang pangan dan gizi.

9. Amerta Nutrition

Amerta Nutrition (p-ISSN:2580-1163; e-ISSN: 2580-9776) adalah jurnal ilmiah akses terbuka peer review yang diterbitkan oleh Universitas Airlangga. Ruang lingkup Amerta Nutrition meliputi: gizi kesehatan masyarakat, gizi masyarakat, gizi klinis, dietetik, pangan dan gizi, serta manajemen pelayanan pangan. Setiap volume Amerta Nutrition dihitung dalam setiap tahun kalender yang terdiri dari 4 edisi. Amerta Nutrition diterbitkan empat kali per tahun setiap bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Artikel yang dipublikasikan di Amerta Nutrition meliputi: artikel asli dan tinjauan pustaka. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kontributor Amerta Nutrition adalah peneliti, dosen, mahasiswa, ahli gizi kesehatan masyarakat, ahli diet terdaftar, praktisi kesehatan masyarakat dan praktisi lain yang fokus pada gizi di Indonesia dan di seluruh dunia.

10. AcTion: Aceh Nutrition Journal


AcTion: Aceh Nutrition Journal merupakan jurnal gizi dan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam penyampaian hasil penelitian sebagai media yang dapat digunakan untuk meregistrasi, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya peneliti, dosen serta tenaga gizi dan kesehatan baik dikalangan nasional maupun international. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidangnya, meliputi Gizi masyarakat, Gizi klinik, Gizi teknologi pangan, dan Gizi institusi.

11. Indonesian Journal of Human Nutrition

Indonesian Journal of Human Nutrition (IJHN) merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel penelitian di bidang gizi manusia dan di terbitkan oleh Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dan terbit dua kali dalam setahun (bulan Juli dan November ).  IJHN sudah teregistrasi dengan Nomor ISSN 2442-6636 (cetak) dan 2355-3987 (online)

Sekian dulu ya teman-teman informasi yang bisa saya berikan mengenai Daftar Jurnal Gizi yang Terakreditasi Nasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua.






Disqus Comments