Tuesday, June 4, 2019

Jenis-jenis Perpustakaan (Perpustakaan Akademik, Publik, Nasional & Khusus)

Perpustakaan adalah gudang pengetahuan untuk berbagai bidang ilmu. Pengetahuan manusia dapat direkam dan dilestarikan di berbagai media. Beberapa tahun yang lalu, dokumen yang ditulis atau dicetak dalam kertas dianggap sebagai media terbaik. Tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini multimedia elektronik telah banyak digunakan untuk pelestarian pengetahuan di perpustakaan apa pun baik itu perpustakaan umum, akademik, nasional atau khusus. Sejak awal peradaban manusia telah menekankan pada penyimpanan informasi dengan cara yang berbeda. Namun harus diakui bahwa perpustakaan pada zaman kuno tidak seperti perpustakaan masa kini. Perpustakaan itu dinamis dan tumbuh seiring dengan peradaban manusia. Desakan peningkatan sosial, ekonomi, intelektual dan budaya mengharuskan pengembangan berbagai jenis perpustakaan.

Karena pengetahuan dan informasi sangat penting untuk semua pengembangan, perpustakaan yang menangani dan mengelola pengetahuan dan informasi memang sangat berharga. Masyarakat pengetahuan saat ini, sebagaimana dipahami, dicirikan oleh persaingan, penawaran dan permintaan akan pengetahuan untuk memenuhi beragam dan kompleksnya kebutuhan individu, yang diharapkan dari perpustakaan. Penyebaran informasi yang benar kepada pembaca / pengguna yang tepat pada waktu yang tepat adalah diktum semua perpustakaan dan pusat informasi. Singkatnya perpustakaan adalah lembaga untuk penyebaran informasi. Fungsi dasar perpustakaan adalah pendidikan. Tujuan perpustakaan di masyarakat modern adalah untuk mendidik masyarakat dalam arti yang lebih luas. Perpustakaan memainkan peran yang sangat penting dalam proses pendidikan pembelajaran formal dan non-formal, dalam penelitian dan pengembangan, dalam kegiatan budaya, dalam bidang spiritual dan ideologis, dalam rekreasi dan hiburan dll. Dengan kemajuan yang spektakuler dalam teknologi informasi dan peningkatan kategori pengguna dan kebutuhan informasi mereka dalam situasi yang berbeda, masyarakat modern sedang menuju masyarakat informasi di mana instrumen utama perubahan, kekuatan dan arah perubahan adalah pengetahuan dan informasi.
JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN

1. Perpustakaan Akademik


Perpustakaan akademik adalah perpustakaan yang melekat pada institusi akademik seperti sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Perpustakaan akademik melayani lebih khusus para siswa, peneliti, guru, dan staf lembaga akademik. Tujuan utama perpustakaan akademik adalah untuk memberikan materi pembelajaran yang maksimal kepada kliennya sehingga mereka dapat sepenuhnya dididik di tingkat masing-masing. Perpustakaan akademik dikategorikan ke perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan universitas.

A. Perpustakaan Sekolah: Perpustakaan sekolah adalah laboratorium pembelajaran, menyediakan berbagai media pembelajaran, penting untuk dukungan optimal dari program pendidikan. Tujuan perpustakaan sekolah adalah untuk mencapai tujuan program pendidikan. Ini berkaitan dengan pengembangan metode berpikir yang efektif, penanaman sikap sosial, perolehan informasi penting dan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan di antara anak-anak. Fungsi perpustakaan sekolah adalah untuk membantu para siswa dalam proses penemuan diri mereka, untuk mengadopsi cita-cita tinggi dalam kehidupan, meningkatkan efisiensi skolastik melalui belajar mandiri dan untuk mengembangkan kapasitas untuk berpikir kritis.

B. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Perguruan tinggi melakukan fungsi penting dalam proses pendidikan. Perguruan tinggi tanpa perpustakaan seperti pohon tanpa akar. Status setiap perguruan tinggi diukur melalui posisi perpustakaan yang dikelolanya. Oleh karena itu setiap perpustakaan perguruan tinggi harus menjadi alat pengajaran itu sendiri. Perpustakaan perguruan tinggi diharapkan dapat mendukung tujuan perguruan tinggi. Dengan demikian, fungsi dasar perpustakaan perguruan tinggi adalah untuk membantu badan induknya untuk melaksanakan program-programnya.

C. Perpustakaan Universitas: Perpustakaan lebih penting dalam suatu Universitas, karena perpustakaan dapat dilakukan tanpa adanya Universitas di mana sebagai universitas tidak dapat berfungsi tanpa perpustakaan. Perpustakaan universitas adalah bagian integral dari institusi. Perpustakaan terutama dipertahankan untuk kepentingan siswa, petugas, anggota fakultas dan bagi mereka yang terlibat dalam pekerjaan penelitian. Perpustakaan memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan nasional masyarakat dengan memperoleh bahan untuk penggunaan pendidikan untuk kepentingan siswa dan departemen pengajaran. Perpustakaan Universitas yang dimaksud bias dikatakan sebagai perpustakaan Fakultas dalam suatu Perguruan Tinggi.

2. Perpustakaan khusus


Perpustakaan khusus menjadi populer sejak awal abad ke-20. Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang melayani sekelompok orang tertentu, seperti karyawan departemen pemerintah, atau staf dan anggota organisasi profesional atau penelitian. Perpustakaan semacam itu pada dasarnya membahas informasi (Krishan Kumar; 1987; 72)

3. Perpustakaan Umum


Perpustakaan umum (juga disebut perpustakaan sirkulasi) adalah perpustakaan yang dapat diakses oleh publik dan umumnya didanai dari sumber-sumber publik (seperti uang pajak) dan dapat dioperasikan oleh pegawai negeri sipil. Badan perpajakan untuk perpustakaan umum mungkin ada di tingkat mana saja dari tingkat pemerintah pusat hingga nasional. Perpustakaan umum adalah model pemerintahan yang terbaik. Barang publik yang dikontrol secara lokal, melayani setiap individu secara bebas, sedalam atau sesedikit yang dia inginkan. (Wikipedia)
4. Perpustakaan Nasional


Perpustakaan nasional adalah perpustakaan yang secara khusus didirikan oleh pemerintah suatu negara untuk berfungsi sebagai gudang informasi yang unggul untuk negara tersebut. Tidak seperti perpustakaan umum, perpustakaan jarang memungkinkan warga negara untuk meminjam buku. Seringkali, mereka memasukkan banyak karya langka, berharga, atau signifikan. Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang bertugas mengumpulkan dan melestarikan literatur bangsa di dalam dan di luar negeri. Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang masyarakatnya adalah bangsa pada umumnya.
Sumber : http://www.lisbdnet.com/types-libraries-academic-public-national-special-library/
Disqus Comments