Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC

Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC

Halo sahabat buku, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang buku kebidanan yang berjudul Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC. Buku tersebut ditulis oleh Ns. Reny Yuli Aspiani, S.Kep terbitan tahun 2017. Buku ini disusun dari berbagai macam literatur yang terkait dengan Keperawatan Maternitas yang meliputi konsep dasar keperawatan maternitas, trend dan issue keperawatan maternitas, anatomi sistem reproduksi, asuhan keperawatan kehamilan normal, asuhan keperawatan kehamilan dengan penyulit, asuhan keperawatan klien dengan gangguan reproduksi, asuhan keperawatan klien dengan penggunaan kontrasepsi dan asuhan keperawatan klien dengan infertilitas Aplikasi NANDA (North American Nursing Diagnosis Association), NOC (Nursing Outcomes Classification), dan NIC (Nursing Interventions Classification) yang dikemas sehingga menjadi buku ajar, dan dapat menjadi sarana bagi Mahasiswa Keperawatan dalam melaksanakan pembelajaran Keperawatan Maternitas dan dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam menerapkan asuhan keperawatan maternitas sehingga dapat diterapkan lahan praktik pada khususnyadan kesehatan ibu dan anak pada umumnya.

Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC ini terdiri dari 8 Bab berikut:

BAB 1 KONSEP KEPERAWATAN MATERNITAS
Pada bab 1 ini membahas tentang sejarah keperawatan maternitas, paradigma keperawatan maternitas, standar praktik keperawatan maternitas, ruang lingkup praktik spesialis maternitas, perubahan pelayanan maternitas, konsep keluarga sebagai unit pelayanan, keluarga dan krisis, kematian maternal di Indonesia, dan peran dan tugas perawat maternitas.

BAB 2 ANATOMI FISIOLOGI SISTEM REPRODUKSI
Pada bab 2 ini membahas tentang Organ Genetalia Wanita (Genetalia Externa dan Interna), Fisiologi Sistem Reproduksi (Menstruasi, Siklus Ovarium, Saat Ovulasi).

BAB 3 ASUHAN KEPERAWATAN KEHAMILAN NORMAL
Pada bab 3 ini membahas tentang perubahan fisiologi pada ibu hamil,  perubahan psikologis pada ibu hamil, fisiologi kehamilan, tanda-tanda kehamilan, pemeriksaan penunjang, penatalaksanaan pelayanan ante natal care, asuhan keperawatan klien dengan kehamilan normal (pengkajian, diagnosa keperawatan, rencana keperawatan).

BAB 4  ASUHAN KEPERAWATAN PADA KEHAMILAN DENGAN PENYULIT
Pada bab 4 ini membahas tentang asuhan keperawatan klien dengan abortus, asuhan keperawatan klien dengan mola hidatidosa, asuhan keperawatan kehamilan ektopik terganggu, asuhan keperawatan klien dengan hiperemesis gravidarum, asuhan keperawatan klien dengan pre-eklamasi berat, asuhan keperawatan klien dengan pendarahan antepartum (plasenta previa, solutio plasenta).

BAB 5 ASUHAN KEPERAWATAN PERSALINAN NORMAL
Pada bab 5 ini membahas tentang etiologi, bentuk persalinan, faktor yang mempengaruhi persalinan, proses persalinan, patofisiologi, tanda dan gejala, posisi persalinan, mekanisme persalinan, nyanyian persalinan, pemeriksaan penunjang, komplikasi, penatalaksanaan.

BAB 6 ASUHAN KEPERAWATAN PERSALINAN DENGAN PENYULIT
Pada bab 6 ini membahas tentang asuhan keperawatan penyulit Kala I dan Kala II (asuhan keperawatan partus lama, asuhan keperawatan partus macet, asuhan keperawatan partus kasep, asuhan keperawatan ketuban pecah dini, asuhan keperawatan klien dengan letak lintang, asuhan keperawatan klien persalinan letak sungsang, konsep dasar sectio caesaria, asuhan keperawatan klien dengan kelainan presentasi dan posisi),asuhan keperawatan penyulit Kala III (asuhan keperawatan  ratensio plasenta dan asuhan keperawatan plasenta rest), asuhan keperawatan penyulit kala IV (asuhan keperawatan atonia uteri, asuhan keperawatan perdarahan kala IV, asuhan keperawatan ruptur jalan lahir)

BAB 7 ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN POST PARTUM NORMAL DAN PENYULIT POST PARTUM
Pada bab 7 ini membahas tentang asuhan keperawatan post partum normal (pengertian, tahapan masa nifas, perubahan masa nifas, tujuan perawatan masa nifas, patofisiologi masa nifas, perawatan masa nifas, penatalaksanaan, komplikasi, nasehat yang perlu diberikan saat pulang), asuhan keperawatan post partum dengan penyulit post partum (asuhan keperawatan hemoraghie post partum, asuhan keperawatan infeksi post partum)

BAB 8 ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN REPRODUKSI
Pada bab 8 ini membahas tentang asuhan keperawatan klien dengan mioma uteri, asuhan keperawatan klien dengan kista ovarium, asuhan keperawatan klien dengan kanker serviks, asuhan keperawatan klien dengan gangguan mentruasi (asuhan keperawatan dismenorhoe, pre menstrual syndrom, amenorrhoe, oligomenorea, polimenore, menorraghia, metrorrhagi), asuhan keperawatan klien dengan radang genetalia (asuhan keperawatan penggunaan alat kontrasepsi, asuhan keperawatan infertilitas).

Cukup banyak yang dibahas meterinya dalam buku ini, pastinya akan sangat bermanfaat sekali bagi kalian yang sedang melakukan proses belajar mengajar khususnya mahasiswa keperawatan dan kebidanan. Semoga dengan postingan ini bisa memberikan referensi bagi kalian dalam membeli buku. Bagi yang berminat membeli buku ini bisa membelinya langsung di penerbitnya Trans Info Media atau bisa juga di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia karna sudah banyak yang menjual.

Judul Buku : Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC
Pengarang : Ns. Reny Yuli Aspiani, S.Kep
Penerbitan : Jakarta: TIM, 2017.
ISBN : 978-602-202-206-0
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC dan NOC"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top