Perpustakaan Sepi Pengunjung? Mungkin Ini Penyebabnya

Perpustakaan Sepi Pengunjung
Mengapa Perpustakaan Sepi Pengunjung
Perpustakaan sebagaimana fungsinya dari dulu adalah tempat untuk membaca buku. Baik dari kalangan bawah maupun orang-orang berpendidikan tinggi sekalipun berhak untuk membaca buku di perpustakaan. Perpustakaan zaman dahulu memang menjadi tempat favorit sebelum wabah internet melanda, baik itu sebagai tempat membaca, berdiskusi ataupun yang lainnya. Karna memang hakikatnya perpustakaan itu sebagai gudang ilmu.

Di era modern seperti sekarang, banyak orang yang malas pergi ke perpustakaan dikarenakan fungsinya perlahan diambil alih oleh keberadaan internet. Akibatnya? Perpustakaan sekarang menjadi sepi. Lantas, apakah hanya gara-gara internet perpustakaan menjadi sepi? Beberapa penyebab berikut mungkin bisa menjadi alasan mengapa Perpustakaan Sepi Pengunjung.

1. Tidak Adanya Fasilitas Internet
Siapa yang tidak mengenal internet? Semua orang di zaman ini pasti mengenal internet bahkan anak SD sekalipun. Fungsi internet kini sangat vital karena mempermudah kita untuk mencari apapun yang kita mau. Tentunya pengunjung tidak mau kan kalau pergi ke perpustakaan dan disana cuma baca buku aja, yang ada malah ngantuk karna kelamaan baca.

2. Petugas Perpustakaan Kurang Ramah
Kalo ini sih sebenarnya ketidakmampuan SDM nya aja dalam memberikan pelayanannya kepada pengunjung. Berdasarkan survey kecil-kecilan yang saya lakukan, faktanya banyak pengunjung yang tidak puas dengan pelayanan petugas yang kurang ramah dan akhirnya di kemudian hari jadi enggan berkunjung lagi. Padahal kan pengunjung juga butuh bimbingan buat nyari-nyari pacar (eh nyari buku maksudnya).

3. Buku Tidak Lengkap
Buku tentunya jadi hal yang wajib disentuh yaa kalo pergi ke perpustakaan. Banyak pengunjung yang pergi ke perpustakaan untuk mencari buku yang diinginkan, entah itu dibuat untuk mengerjakan tugas, menambah wawasan atau untuk referensi penelitian. Apa yang terjadi jika bukunya tidak ada? Yang pasti kecewa lah ya, sudah jauh-jauh pergi ke perpustakaan dan ternyata bukunya tidak ada. Untuk hal semacam ini perlu adanya upaya perpustakaan menyediakan buku-buku terbaru dan dibutuhkan oleh pengunjung.

4. Kesulitan Mencari Buku
Terkadang pengunjung kesulitan dalam mencari satu buku yang diinginkan. Padahal buku sebenarnya ada tapi waktu dicari tidak ada. Beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung kesulitan mencari buku adalah (1) tidak adanya katalog pencarian baik itu katalog cetak maupun katalog online; (2) Tidak adanya usaha petugas untuk membantu mencarikan buku; (3)  Buku yang dicari ternyata hilang atau ada yang meminjam namun belum dikembalikan; (4) Penempatan buku yang tidak sesuai pada rak yang seharusnya, ini bisa saja terjadi karena mungkin saja pengunjung yang mengembalikan ke rak bukan melalui petugas perpustakaan.

5. Tidak Adanya Kegiatan di Perpustakaan
Kegiatan yang dimaksud disini adalah inovasi yang dapat dilakukan untuk menarik pengunjung. Kegiatan tersebut bisa bermacam-macam dan pastinya harus disesuaikan dengan anggaran. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di perpustakaan adalah (1) Mengadakan lomba membaca puisi atau yang sejenis; (2) Memberikan hadiah kepada pengunjung yang sering datang ke perpustakaan paling tidak satu tahun sekali; (3) Mengadakan seminar atau workshop yang bermanfaat bagi pengunjung; (4) Mengadakan acara kecil-kecilan di tiap memperingati hari-hari besar.

Permasalahan diatas mungkin saja sepele, tapi bisa saja menjadi masalah yang serius jika tidak segera dilakukan penanganan. Tentunya untuk dapat memajukan perpustakaan dan membuat perpustakaan selalu ramai dikunjungi, perlu dukungan berbagai kalangan baik dari pihak perpustakaan maupun dari pengunjungnya itu sendiri agar perpustakaan selalu terlihat aktif. Demikian informasi mengenai sebab-sebab Perpustakaan Sepi Pengunjung.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perpustakaan Sepi Pengunjung? Mungkin Ini Penyebabnya"

Terima kasih sudah membaca blog Saya, silahkan tinggalkan komentar

 
Back To Top