Sunday, July 16, 2017

Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta

Hak cipta merupakan kondisi dimana karya seseorang yang mempunyai keterikatan penuh dari sang pemilik. Hak cipta sendiri jenisnya bermacam-macam tergantung dari sang pemilik. Ada banyak karya yang mempunyai hak cipta mulai dari lagu, video, tulisan maupun gambar. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagaimana Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta.
Mungkin banyak yang belum tahu tentang aturan hak cipta itu sendiri terlebih untuk sebuah gambar. Kebanyakan orang mungkin seenaknya saja mengambil gambar dari google atau dari situs yang mereka baca, padahal mereka umumnya tidak tahu kalau gambar tersebut mungkin saja memiliki hak cipta. Banyak orang yang menyepelekan hal ini terlebih bagi penulis di blog/website, seharusnya mereka paham betul mengenai hal cipta tersebut. Namun kenyataannya masih banyak yang belum tahu penggunaan gambar yang bebas hak cipta. Pertanyaannya, bagaimana cara saya mencari gambar yang bebas hak cipta? 

Oke saya jelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya tidak begitu sulit untuk mendapatkan gambar yang bebas hak cipta. Yang terpenting adalah anda paham tentang aturan yang diberikan oleh si pemilik karya tersebut. Ada yang hanya membatasi untuk di bagikan saja, ada juga yang membolehkan untuk diedit bahkan ada juga gambar yang boleh diedit dan dikomersialkan. Gambar yang kita cari ternyata ada di google, bagaimana cara kita mengambilnya agar terbebas dari pelanggaran hak cipta? Tenang aja gan, karna google sudah mempunyai fitur filter gambar berdasarkan status hak ciptanya. Berikut saya berikan tutorialnya Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta dari google.

1. Pertama-tama masuk ke halaman pencarian google image, bisa agan buka melalui alamat ini https://images.google.com

2. Lalu temukan menu setelan yang ada di halaman tersebut, untuk yang menggunakan browser dekstop letaknya ada diatas dan untuk yang menggunakan browser Hp setelan ada di bawah.

3. Klik menu setelan tersebut, setelah itu akan muncul menu lagi dan pilih yang penelusuran lanjutan/advance search.

4. Maka anda akan diarahkan pada halaman penelusuran lanjutan google image, terdapat beberapa kolom yang dapat diisi diantaranya semua kata berikut, kata atau frasa yang sama persis seperti ini, salah satu dari kata-kata berkut, tak satupun dari kata-kata berikut, format file, hak penggunaan dll. Anda fokus saja untuk mengisi kolom semua kata berikut (kolom paling atas), isi sesuai kata kunci penelusuran. Selanjutnya isi juga kolom hak penggunaan (kolom paling bawah), disitu terdapat lima pilihan yang dapat dipilih, pilih saja yang Bebas digunakan, dibagikan, atau dimodifikasi, bahkan secara komersial. Kolom yang lain diabaikan saja tidak masalah.

5. Setelah semua diisi klik tombol penelusran lanjutan, dan Taraa... gambar yang bebas hak cipta bisa anda ambil.

Sebenarnya banyak juga situs yang menyediakan gambar-gambar bebas hak cipta, salah satunya adalah pixabay (alamat www.pixabay.com). Setelah masuk tinggal ketik kata kunci pada kolom pencarian. Pilih gambar yang mempunyai keterangan free use for commercial use, terakhir klik save. Demikian artikel Cara Mencari Gambar Bebas Hak Cipta, semoga bermanfaat.
Disqus Comments